News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bongkar Kios Liar Di Lahan Jogja Planning Gallery, Sultan HB X : Di-Buldoser

Bongkar Kios Liar Di Lahan Jogja Planning Gallery, Sultan HB X : Di-Buldoser




WARTAJOGJA.ID  : Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menuturkan pemerintah daerah segera mempersiapkan lahan untuk pembangunan spot baru Jogja Planning Gallery (JPG) di kawasan Malioboro.

Lahan itu rencananya akan menempati bekas area Gedung DPRD DIY hingga bagian selatannya yang tembus Jalan Perwakilan. 

Pasca pengosongan 21 kios ilegal yang menghadap Jalan Perwakilan pekan lalu, Sultan HB X mengatakan langkah selanjutnya tak lain segera meratakan bangunan ilegal itu dengan tanah. 

"Untuk pembongkaran (bangunan ilegal) bisa cepat, di-buldoser uwis rampung (sudah selesai), karena kondisi kios-kios di situ juga sudah kosong (penghuninya),” kata Sultan Senin 9 Januari 2023.

Meski sebelumnya sempat ada protes kalangan pedagang yang menyewa kios-kios itu, Sultan menuturkan ruang dialog sudah selesai. Sebab aktivitas ekonomi yang memanfaatkan kios-kios di Jalan Perwakilan itu menyalahi aturan karena tidak pernah mendapatkan ijin baik dari pemerintah daerah maupun Keraton Yogyakarta selaku pemilik lahan.
"Dialog sudah selesai, pedagang juga sudah keluar, jadi akan kami bongkar untuk dibangun JPG," katanya.

Adapun Ketua Forum Komunikasi dan Koordinasi Pedagang Jalan Perwakilan Yogyakarta Adi Kusuma Putra Suryawan berharap para pedagang masih diperbolehkan berjualan di area itu setidaknya hingga 2024 atau saat pembangunan JPG dimulai.

“Kami pedagang tidak menolak rencana pembangunan JPG itu, hanya butuh solusi, terutama relokasi setelah kios-kios Jalan Perwalikan dikosongkan,” kata dia.

Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi menuturkan, ada opsi alternatif untuk relokasi pedagang Jalan Perwakilan agar tetap bisa terus beraktivitas.

“Kami siapkan opsi di Pasar Klithikan Pakuncen atau area lantai atas Pasar Beringharjo,” kata dia. 

Namun soal alternatif relokasi yang ditawarkan Pemerintah Kota Yogyakarta ini belum menemukan titik temu. Sebab para pedagang Jalan Perwakilan meminta dapat direlokasi ke area Teras Malioboro 1 yang notabene kuotanya sudah penuh.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment