News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Polda DIY : Tak Ada Car Free Night di Yogya Saat Malam Tahun Baru

Polda DIY : Tak Ada Car Free Night di Yogya Saat Malam Tahun Baru


Kepala Kepolisian DI Yogyakarta Inspektur Jenderal Suwondo Nainggolan (ist)

WARTAJOGJA.ID  : Kepala Kepolisian DI Yogyakarta Inspektur Jenderal Suwondo Nainggolan menyatakan tak ada car free night atau bebas kendaraan bermotor di ruas-ruas jalan Kota Yogyakarta saat pergantian malam tahun baru Sabtu 31 Desember 2022. 

Tak terkecuali kawasan Jalan Malioboro-Titik Nol Kilometer- Alun-Alun Utara yang diperkirakan bakal dipadati wisatawan. 
“Jika biasanya Malioboro pada pukul 18.00 -21.00 WIB selalu ditutup untuk car free night, maka khusus malam pergantian tahun 2023 ini tidak ada penutupan jalan,” kata Suwondo Sabtu siang.

Suwondo menegaskan, jalan Malioboro hingga Alun-Alun Utara depan Keraton Yogyakarta akan dibuka semuanya untuk kendaraan yang melintas. Dengan tujuan pengunjung bisa menikmati suasana malam pergantian tahun di kawasan pusat destinasi itu.
“Kami tetap akan melakukan beberapa langkah dan upaya agar tidak terjadi sebuah kepadatan apalagi kemacetan lalu lintas,” kata dia. 

Namun rekayasa yang akan dilakukan tidak terlalu banyak. Salah satunya hanya menutup akses kendaraan menuju Jalan Malioboro dari arah Tugu-Jalan Mangkubumi- Jembatan Kleringan. 

Kendaraan dari arah Jalan Mangkubumi itu akan dialirkan dengan diputarkan dulu melalui Stadion Kridosono, lalu masuk bawah Jembatan Kleringan dan menuju arah Malioboro.
Dengan rekayasa itu, akses ke Jalan Malioboro tetap dari dua arah yakni dari Jalan Mataram dan Jembatan Kleringan. 

“Ada juga beberapa titik kami buatkan apabila pengunjung yang ke kota dari Gunungkidul, kita buka akses dari Jalan Janti- Sultan Agung sehingga bisa memasuki Jalan Suryotomo -Jalan Mataram lalu ke Malioboro,” kata Suwondo.

Sedangkan wisatawan yang datang dari arah Kabupaten Bantul bila akan ke Malioboro bisa langsung menuju Jalan Mataram melalui akses seperti Jalan Parangtritis maupun Jalan Imogiri.

Suwono berharap masyarakat yang ingin melewatkan malam tahun baru di Malioboro, mulai pukul 22.30 WIB bisa memarkir motor atau mobilnya di beberapa kantong parkir yang disediakan.

Area parkir resmi roda 2 dan 4 yang disiapkan ada di Tempat Khusus Parkir Ngabean, Senopati dan di Mal Malioboro dan lahan sebelah Angkringan Jaman Edan Jalan Mangkubumi. Sedangkan untuk bus tidak diperkenankan untuk masuk kantung parkir sekitar Malioboro melainkan hanya drop off penumpang saja.

Kepolisian DIY mendapat informasi dari Mabes Polri ada peningkatan volume kendaraan yang memasuki DIY sebesar 1,9 juta kendaraan pada malam pergantian tahun ini. 
“Kami tempatkan 132 personil baik di ring dua dan tiga Malioboro dan 93 personil dari Malioboro hingga Titik Nol khusus penjagaan titik objek vital,” kata Suwondo.
“Kami juga siapkan 23 tim urai apabila ada kepadatan yang menimbulkan kemacetan yang dipimpin 3 perwira,” kata Suwono.
Minimnya penutupan jalan saat malam tahun baru ini, kata Suwondo, juga menjadi langkah agar masyarakat yang ingin menikmati pergantian tahun dengan berbagai jenis kendaraan baik bermotor dan tak bermotor. (Ardian)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment