News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

HUT 61, BPD DIY Gelar Malioboro Run dan Sukses Sedot 2.000 Peserta

HUT 61, BPD DIY Gelar Malioboro Run dan Sukses Sedot 2.000 Peserta


WARTAJOGJA.ID - Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY mengajak masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup sehat dengan menyelenggarakan event Malioboro Run pada Minggu (11/12/2022).

Acara yang dihadiri 2.000 pelari ini juga menjadi satu di antara upaya untuk memperkenalkan budaya Yogyakarta melalui sport tourism dan membantu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Direktur Utama BPD DIY Santoso Rohmad mengatakan, kegiatan ini baru digelar untuk pertama kali dalam  memperingati hari ulang tahun BPD DIY ke-61.

Diharapkan Malioboro Run dapat rutin diselenggarakan di tahun-tahun berikutnya mengingat adanya dampak positif yang ditimbulkan dari perhelatan ini.

Adapun rute lari dengan difokuskan di pusat Kota Yogyakarta dengan melintasi kawasan ikonik dan heritage seperti kawasan Malioboro, Titik Nol Kilometer, Tugu Jogja, hingga Alun-Alun Kidul Kota Yogyakarta.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji menambahkan, penyelenggaraan event ini juga menjadi ajang uji coba untuk mencari potensi sport tourism di DIY.

Menurutnya, gelaran Malioboro Run tergolong sukses karena berhasil memikat ribuan peserta yang tak hanya berasal dari DI Yogyakarta .

"Ini ternyata laris dari 10 dan 5 km ternyata peminatnya luar kota juga sangat banyak ini juga bisa jadi inspirasi bagi kawan-kawan lain agar event seperti ini bisa diselenggarakan lebih banyak lagi sehingga kedatangan wisatawan ke Yogya akan semakin banyak," tambah Aji.

Aji meyakini kegiatan tersebut juga akan mendongkrak perekonomian setempat. Mengingat para peserta yang datang dari luar daerah kemungkinan juga akan menghabiskan waktu untuk berwisata di Yogya setelah berlomba.
Selain itu, Malioboro Run juga mampu memperkenalkan budaya dan potensi pariwisata yang dimiliki DI Yogyakarta.

"Jadi berdampak ke pariwisata dan sekaligus mengenalkan BPD ke masyarakat," ujarnya.
Ajang Malioboro Run juga diikuti oleh sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), anggota DPRD maupun kepala daerah.

Satu di antaranya adalah Bupati Gunungkidul, Sunaryanta yang mengikuti Malioboro Run 2022 kelas lari 10 kilometer ditemani beberapa pelari asal Gunungkidul.

Bupati juga ditemani Ketua Tim Penggerak PKK Gunungkidul, Diah Sunaryanta yang mengambil kelas lari 5K.

“Event perdana saya ikut lari di Yogyakarta. Alhamdulilah bisa sampai finish,” ujarnya.

Untuk rute kelas 10K mengambil start di Jalan Malioboro Alun-Alun Utara, Jalan Abu Bakar Ali, dan finish di Hotel Grand Inna Malioboro.
Sunaryanta mengaku terkesan dengan penyelenggaraan Malioboro Run , sebab rute yang dilewati tidak hanya di seputaran wilayah perkotaan. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment