News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dukung Pegiat Lingkungan, Acer Hadirkan Perangkat Permudah Pengelolaan Administrasi Bank Sampah di Sleman  

Dukung Pegiat Lingkungan, Acer Hadirkan Perangkat Permudah Pengelolaan Administrasi Bank Sampah di Sleman  


WARTAJOGJA.ID.: Acer Indonesia menunjukkan komitmen sebagai perusahaan yang peduli atas isu lingkungan hidup.

Terkait hal itu Acer bersama Rotary Club of Yogya Merapi, memberikan dukungan laptop guna membantu pengelolaan administrasi Bank Sampah Tamanmartani di Kabupaten Sleman, Yogyakarta (8/12). 

Bank Sampah Tamanmartani merupakan organisasi yang giat melakukan edukasi serta pengelolaan sampah rumah tangga atau sampah domestik, yang menjadi persoalan lingkungan.
 
Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menunjukkan, jumlah sampah di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 21,88 juta ton. 

Meski mengalami penurunan signifikan hingga 33% dari tahun sebelumnya, namun kontribusi sampah rumah tangga tercatat mencapai lebih dari 42%, jauh lebih besar dibanding sampah yang dihasilkan perniagaan, pasar, perkantoran, fasilitas publik, dan yang lainnya.
 
Inisiatif pemberian bantuan untuk Bank Sampah Tamanmartani, didasari karena konsentrasi terbesar penduduk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ada di wilayah Sleman, yakni sebesar 1,13 juta orang atau 30,69% dari total penduduk. 

Ini merupakan yang tertinggi di kawasan DIY. Hal ini berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah volume sampah tahunan yang dibuang ke berbagai Tempat Penampungan Sampah Terpadu (TPSP) di daerah Sleman. 
 
“Sebagai perusahaan teknologi, Acer berkontribusi dalam upaya perwujudan antara pembangunan ekonomi, sosial, dan juga lingkungan. Acer berkomitmen mendukung usaha semua pihak dalam menjaga lingkungan. Dukungan laptop Acer merupakan bentuk inisiatif sosial Acer dalam rangka membantu efektivitas pengelolaan administrasi Bank Sampah Tamanmartani agar lebih efisien sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada jaringan anggotanya,” ujar Monica Sutanto Pribadi, Head of HRGA, Acer Indonesia.
 
Dukungan berupa laptop Acer Aspire 5 kepada Bank Sampah Tamanmartani untuk memudahkan pelayanan petugas dalam mengadministrasikan pencatatan aktivitas para anggotanya. 

Pengelola bank sampah bisa memanfaatkan laptop Acer untuk kebutuhan pengelolaan sistematis bank sampah yang dapat memudahkan pencatatan buku tabungan anggota, buku daftar anggota, buku induk besar keuangan bank sampah, buku rekap penyetoran anggota, arsip dokumentasi, dan pendataan lainnya.
 
“Kami berterima kasih kepada Acer yang telah memberikan dukungan perangkat teknologi laptop Acer. Dengan menggunakan laptop Acer ini, kegiatan kami semakin terbantu, khususnya dalam melakukan pencatatan manual menjadi elektronik untuk setiap aktivitas Bank Sampah Tamanmartani. Kami yakin dengan adanya dukungan ini dapat membentuk Bank Sampah Tamanmartani sebagai bank sampah pusat dan mengaktifkan kembali 8 pengelola sampah mandiri untuk diubah menjadi 8 cabang bank sampah,” ujar Hendri Tri Wibowo, Kepala Unit Bank Sampah Tamanmartani, Sleman, Yogyakarta.
 
Acer berharap penggunaan perangkat teknologi akan semakin mempermudah para anggota bank sampah melayani para anggotanya secara lebih cepat dan akurat. Dengan begitu akan membantu pengelolaan sampah domestik menjadi lebih baik di daerahnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment