News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Yogya Siagakan Kembali Satgas Covid-19 Sambut Libur Akhir Tahun

Yogya Siagakan Kembali Satgas Covid-19 Sambut Libur Akhir Tahun


Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi (ist)

WARTAJOGJA.ID : Wisatawan diprediksi membludak di Kota Yogyakarta saat momen libur akhir tahun 2022 ini.

Pemerintah Kota Yogyakarta pun mulai menyiapkan antisipasi potensi penularan Covid-19 yang sampai pertengahan November ini terus menanjak kasus aktifnya.

Antisipasi utama yang dilakukan dengan menerjunkan kembali petugas secara berkala untuk berpatroli di kawasan yang berpotensi padat kerumunan sampai penyiapan rumah sakit.

"Para petugas ini kami terjunkan terutama di tempat-tempat wisatawan berkumpul di Kota Yogyakarta," kata Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi Rabu 16 November 2022.

Tempat pengawasan utama para petugas yakni sepanjang kawasan Sumbu Filosofi yang meliputi Tugu Jogja - Jalan Mangkubumi atau Margo Utomo - Jalan Malioboro- Titik Nol Kilometer - Alun- Alun Utara hingga Alun Alun Selatan.

"Para petugas ini akan memonitor aktivitas dan mengingatkan masyarakat agar patuh protokol kesehatan," kata Sumadi.

"Petugas juga akan menyediakan masker saat operasi protokol kesehatan karena kadang ada masyarakat beralasan lupa tidak membawa masker," Sumadi menambahkan.

Pemkot Yogya menyadari tak akan mudah mengawasi pergerakan mobilitas wisatawan yang terus membeludak jumlahnya itu.

"Kunjungan wisatawan ke Kota Yogyakarta sampai akhir tahun ini kami perkirakan mencapai hampir 7 juta orang, karena per September saja sudah 5,1 juta orang dari target semula 2 juta orang," kata Sumadi.

Dengan potensi ledakan kunjungan wisatawan saat momen libur akhir tahun itu, Sumadi mengatakan, pemerintah daerah juga tak berwenang melarangnya. Karena status PPKM Yogyakarta masih tetap Level 1 di mana seluruh kegiatan bebas mobilitas termasuk wisata.

Sumadi melanjutkan, pihaknya juga masih menyediakan fasilitas fasilitas pendukung protokol kesehatan di berbagai titik berpotensi padat wisatawan itu agar dapat dimanfaatkan masyarakat mencegah penularan. Seperti tempat tempat mencuci tangan. 

Adapun Yunianto Dwi Sutono selaku Koordinator Bidang Pencegahan Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta, mengatakan secara umum kondisi Covid-19 akhir-akhir ini cukup tinggi karena banyak mobilitas masyarakat. 

Terutama di akhir pekan banyak wisatawan datang dan mengabaikan protokol kesehatan sebagian masyarakat.

“Momen libur akhir tahun ini kami buat posko-posko kesehatan dan keamanan, di posko itu satgas-satgas protokol Covid-19 juga akan mengingatkan wisatawan untuk memakai masker, menjaga jarak dan mengurangi kerumunan," kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani mengatakan saat ini dari kasus positif Covid-19 sudah tidak bisa terdeteksi dari mana asal mula tertular Covid-19 karena banyak masyarakat yang datang pergi. 

Hanya saja sebagian besar kasus Covid-19 ditemukan ketika pemeriksaan saat mengakses layanan kesehatan. 

Oleh sebab itu protokol kesehatan menjadi cara untuk  melindungi diri dan orang lain.

“Kami sudah mengeluarkan surat edaran untuk kewaspadaan semua rumah sakit, karena prediksinya akhir Desember 2022 atau awal Januari 2023 jadi fase puncak kasus Covid-19," kata dia. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment