News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ngayogjazz Akhir Pekan Ini, Berikut Deretan Artisnya

Ngayogjazz Akhir Pekan Ini, Berikut Deretan Artisnya


WARTAJOGJA.ID. : Event musik jazz tahunan Yogyakarta, Ngayogjazz 2022, bakal kembali digelar akhir pekan ini, Sabtu 19 November 2022, bertempat di Padukuhan Cibuk Kidul, Margoluwih, Seyegan, Sleman, Yogyakarta.

Berbeda dengan tahun sebelummya yang digelar secara daring akibat pandemi Covid-19, perhelatan tahun ini yang mengusung tajuk Kena Jazz-é, Tetep Bening Banyuné itu bisa dihadiri secara langsung maupun via daring.

Sejumlah penampil Ngayogjazz 2022 yang terbuka gratis untuk umum ini ada musisi nasional serta internasional. 

Sebut saja seperti Barry Likumahua Jazz Connection, NonaRia X Dua Empat, Monita Tahalea, Kua Etnika featuring Bonita, Irsa Destiwi Quintet, Nationaal Jeugd Jazz Orkest & Maarten Hogenhuis (Belanda), serta Sax Party - Gaga Gundul (Peemai - France & Gayam 16-Indonesia).

Dalam event yang akan dimulai pukul 13.00 hingga 22.30 WIB itu, ada juga penampil dari ISI Yogyakarta Big Band, SansDrum X Sri Hanuraga featuring Rodrigo Parejo, Sraddha Jalan Mulia Art Project,  Yohanes Gondo Trio, MLDJAZZPROJECT, Talenta Svara Bertha, juga Taksu.

Tak ketinggalan ada pula Acapela Mataraman, Andi Bayou featuring Vika Rahmia, Huaton Dixie, Ari WvLv, MZ X Joyosudarmos, Jogja Blues Forum, dan Komunitas Jazz se-Nusantara.

Yang menarik, sepekan jelang perhelatan event itu, warga Padukuhan Cibuk Kidul dan panitia Ngayogjazz sama sama berlatih mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana kebakaran pada Sabtu 12 November 2022.

Pelatihan itu melibatkan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dan Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Sleman.

"Pelatihan pemadam kebakaran bagi warga dan panitia ini sifatnya untuk langkah-langkah antisipatif menghindari kemungkinan terburuk," kata Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Wasita dalam keterangannya.

Wasita mengungkap penyelenggaraan Ngayogjazz sebagai salah satu ikon event Yogyakarta musti dipersiapkan matang dari berbagai aspeknya.

"Kami tetap berharap semua lancar, tidak ada kendala berarti baik sebelum, selama dan sesudah penyelenggaraan event Ngayogjazz," kata dia.

"Dengan pelatihan ini warga Cibuk Kidul juga tidak hanya memperoleh manfaat sesaat dari penyelenggaraan event Ngayogjazz, namun dapat belajar lebih dalam mengelola event pertunjukan atau pariwisata dalam mendukung keberadaannya sebagai desa wisata," Wasita menambahkan.

Tim Pemadam Kebakaran yang dipimpin oleh Kepala Seksi Operasional dan Investigasi Pemadam Kebakaran Nawa Murtiyanto menjelaskan pentingnya mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana kebakaran dalam berbagai event yang digelar.

"Hal terpenting yang harus dipahami adalah mengenali sumber ancaman diantaranya sumber listrik dan kompor gas yang selama ini menjadi dominasi penyebab terjadinya bencana kebakaran," kata dia.

Langkah-langkah antisipasi yang terpenting adalah menjaga mental agar tidak panik atau gugup ketika terjadi bencana kebakaran. 

Sedangkan pelaksanaan pemadaman kebakaran bisa dilakukan secara tradisional maupun dengan menggunakan  Alat Pemadam Api Ringan (APAR). 

Dalam skala kecil ditingkat rumah tangga warga masyarakat hendaknya menguasai cara-cara pemadaman kebakaran secara tradisional, yaitu memakai kain atau handuk basah yang ditutupkan pada sumber api.  Jangan disiram air atau dikipas-kipas/ digepyok-gepyok yang justru akan memperbesar nyala api. 

"Prinsipnya adalah memutus atau menghambat oksigen dari sumber api, maka perlu dibiasakan untuk menyediakan kain atau handuk basah didekat sumber api," kata dia.
 (Yan/Sus)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment