News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kompetisi Menuju Rektor UAJY 2023-2027

Kompetisi Menuju Rektor UAJY 2023-2027


7 dari 8 Balon Rektor UAJY (ist)
WARTAJOGJA.ID : Presentasi putaran ke- 3 bakal calon (balon) Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) periode 2023-2027 telah dilaksanakan di Kampus III UAJY (Jumat, 04/11/22).

 “Putaran 1 dan 2 telah dilaksanakan sebelumnya dan setiap putaran ditetapkan topik yang berbeda”, jelas A. Koesmargono, Ph.D (Ketua Panitia Pemilihan Rektor UAJY). Menurut Koesmargono yang juga Sekretaris Senat Akademik Universitas (SAU) UAJY menjelaskan pada putaran ke-2 ini topik presentasi adalah “What Makes Me the Best Candidate?”

Untuk diketahui pada pemilihan rektor (pilrek) kali ini terdaftar 8 balon. 

Ke-8 balon Rektor UAJY termaksud adalah Dr. G. Sri Nurhartanto, SH. L.LM (Fakultas Hukum), Prof. Ir. Djoko Budiyanto, M.Eng., Ph.D (Fakultas Teknik Industri), Sushardjanti Felasari, ST, M.Sc., CAED, Ph.D (Fakultas Teknik), Dr. Eng., The Jin Ai, ST, MT (Fakultas Teknik Industri), Samiaji Sarosa, SE, MIS, Ph.D (Fakultas Bisnis dan Ekonomika), Dr. Ig. Luddy Indra Purnama, M.Sc (Fakultas Teknik Industri), Dr. Eng., Ririn Diar Astanti, ST, M.MT (Fakultas Teknik Industri) dan Prof. Dr. Ir., AM. Ade Lisantono, M.Eng (Fakultas Teknik).
           
“Melihat kondisi internal dan eksternal UAJY maka untuk menghadapi tantangan ke depab diperlukan pengembangan center of excellent”, ungkap Djoko Budiyanto (Guru Besar Teknik Informatika). 

Menurut Djoko, hal tersebut dilakukan dengan akselerasi kinerja Departemen, Prodi dan Pusat Studi. Terkait dengan hal tersebut juga diperlukan transformasi digital. Trasformasi digital adalah suatu proses pemanfaatan teknologi digital baik untuk keperluan akademik maupun kegiatan yang administrasi. Pendeknya transformasi digital dapat membantu UAJY untuk menghadapi tantangan ke depan.

“Selaku alumnus dan warga UAJY saya ngin membawa serta menyempurnakan sebagai universitas masa depan”, tegas Samiaji Sarosa (Dosen Prodi Akuntasi). 

Menurut Samiaji, jika terpilih sebagai Rektor akan meneguhkan UAJY sebagai universitas yang humanis, unggul dan ber-integritas. Selanjutnya akan diwujudkan kepemimpinan UAJY yang mengintegrasikan kemampuan leadership, manajerial dan mempercepat transformasi digital.

“Ke depan UAJY didorong menuju Research University, Excellent Academic and Laodato Si”, jelas Ade Lisantono (Guru Besar Teknik Sipil). Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan ketrampilan (skill), sikap (attitudes) dan perilaku (behavior) dari seluruh komunitas UAJY yang mendukung terwujudnya Research University, Excellent Academic and Laodato Si. Diharapkan juga setiap civitas akademika untuk menjadi sukses, produktif, excellent dan Laodato Si.

“Dengan 8 balon Rektor, seluruh anggota senat universitas dimungkinkan mempunyai pilihan alternatif calon Rektoi yang diajukan ke Yayasan Slamet Riyadi (YSR)”, ujar Budi Suprapto, Ph.D (Dekan FBE UAJY) yang juga anggota SAU UAJY. 

Budi berharap, Rektor terpilih nanti membentuk “team work” yang mempunyai kemampuan membaca dan menganalisis lingkungan “industri” perguruan tinggi yang dinamis.


Untuk diketahui ke-8 balon Rektor tersebut akan dipilih menjadi 3 calon Rektor untuk diajukan ke YSR. Setiap anggota SAU mempunyai hak mengusulkan 2 nama calon dalam rapat SAU UAJY tanggal 16 November 2022 mendatang. 

“Dari 3 calon tersebut kemudian YSR akan memilih satu calon untuk dilantik menjadi Rektor UAJY periode 2023-2027”, jelas Dr. Y. Sri Susilo (Kaprodi Ekonomi Pembangunan) yang juga anggota SAU UAJY dalam rilisnya kepada media. (Rls)
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

1 comments:

  1. Terima kasih sudah berbagi informasi yang menarik

    Kunjungi juga website kami di walisongo.ac.id

    ReplyDelete