News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sosialisasikan Perda Pendidikan Pancasila di Blitar, Komisi A DPRD DIY Dorong Kerja Sama dalam Menggelorakan Nasionalisme

Sosialisasikan Perda Pendidikan Pancasila di Blitar, Komisi A DPRD DIY Dorong Kerja Sama dalam Menggelorakan Nasionalisme



WARTAJOGJA.ID : Peraturan Daerah Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang dimiliki oleh DIY memiliki peran strategis dalam menggelorakan semangat Kebangsaan Proklamator RI Soekarno. 


Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY menegaskan hal tersebut saat kunjungan kerja dan ziarah di Makam Bung Karno ke Blitar, Jawa Timur, Jumat, 28/10/2022.

Sebagai simbol menggelorakan semangat kebangsaan Bung Karno, secara simbolis  Priyo Suhartono menyematkan pin Soekarno yang di berikan kepada Eko Suwanto Ketua Komisi A DPRD DIY. 

"Bersyukur sekali, bangsa Indonesia memiliki Pancasila yang oleh Bung Karno digali dari kesadaran sejarah. DIY kini telah memiliki Perda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang lahir dari musyawarah mufakat untuk menggelorakan Pancasila dalam kebijakan pemerintahan dan kehidupan sehari-hari. Di Blitar ini, kita bertukar gagasan dan saling belajar menerapkan Ideologi Pancasila dalam implementasi program kebijakan. Kedepan penting membangun kerjasama antar pemerintah daerah dalam pendidikan Pancasila, termasuk menggelorakan nasionalisme," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan. 

Ketua DPC PDIP Kota Jogja yang menjabat ketua komisi A sejak 2014 Eko Suwanto menjelaskan sebelum nya DIY telah selenggarakan Sinau Pancasila bagi aparatur pegawai Negeri sipil sejak tahun 2017. Saat ini, disebutkan ada tantangan dan ancaman, intoleransi, ekstrimisme, terorisme yang butuh respon kebijakan. 

"Kita hidup dalam satu bangsa Indonesia. Wajib bagi pemerintah dan pemda mengajarkan Pancasila untuk diri sendiri dan masyarakat. Komisi A DPRD DIY dorong kerjasama pemda dengan pemkot Blitar, menggelorakan dalam kebijakan pembangunan dan penganggaran, di Blitar sudah ada prakteknya seperti kegiatan Bulan Bung Karno dan pembudayaan Pancasila dalam pendidikan, budaya Grebeg Pancasila juga peringatan Bulan Bung Karno di bulan Juni. Event peringatan tersebut berdampak tinggi nya kunjungan wisatawan selama peringatan hari lahir Pancasila," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY. 

Santosa, Wali Kota Blitar yang diwakili oleh Priyo Suhartono, Sekretaris Daerah menyambut baik kunjungan kerja bersama anggota dewan Komisi A DPRD DIY yang melakukan ziarah bersama ke Makam Bung Karno

"Mohon maaf, Pak Santosa Walikota Blitar menerima anugerah sebagai Pembina Pro Iklim dari Kementrian Lingkungan Hidup. Terima kasih atas kepercayaan, untuk bersama menggelorakan Pancasila dari Bumi Bung Karno, Blitar kutha cilik sing kawentar," kata Priyo Suhartono, Sekretaris Daerah Kota Blitar. 

Kalau Yogyakarta dikenal sebagai ibukota provinsi maka Blitar sexual 32,5 km persegi disebutkan terkenal sejak masa Hindu dan kerajaan Islam. 

"Yogya mengakar budaya di Blitar dengan ciri budaya mataraman. Kota kecil, bisa kawentar atau terminal arena Gunung Kelud, yang terakhir meletus 2017. Ikon Blitar dikenal karena keberadaan makam Bung Karno. Nama Proklamator jadi ikon, hingga internasional dan  terbuka investasi pariwisata," kata Priyo Suhartono, Sekretaris Daerah Kota Blitar. 

Presiden Joko Widodo setelah menghadiri Grebeg Pancasila di Blitar lalu menetapkan Keputusan Presiden Nomor 24 tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila ditetapkan di Jakarta pada tanggal 1 Juni 2016.

Penetapan 1 Juni hari lahir Pancasila, perjuangan dilakukan sejak 2001, sejak era Walikota Djarot Syaiful Hidayat bersama Grebeg Pancasila dengan budayawan. 

Presiden Megawati Soekarnoputri pada 2003, menghadiahi Perpustakaan Bung Karno yang berisikan ribuan koleksi buku milik Proklamator RI dan beragam buku sumber rujukan sejarah nasional dan buku umum. Saat itu Walikora Blitar dijabat Djarot Syaiful Hidayat,.

"Setelah ada Bulan  Bung Karno ada satu rangkaian perayaan yang rutin di kampung dengan berbagai kegiatan. Blitar sebagai dapur nasionalisme, sedang berjalan lewat ikon Bung Karno. Kalau destinasi wisata ada kebun belimbing, dan pengembangan wisata pantai kerjasama wisata pantai dengan Kabupaten Blitar," kata Priyo Suhartono, Sekretaris Daerah  Blitar.(Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment