News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Presiden Jokowi Lantik Lagi Sultan HB X sebagai Gubernur DIY

Presiden Jokowi Lantik Lagi Sultan HB X sebagai Gubernur DIY

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik lagi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X periode 2022-2027 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin, 10 Oktober 2022 (dok.ist)


WARTAJOGJA.ID : Presiden Joko Widodo atau Jokowi Senin ini 10 Oktober 2022 resmi melantik lagi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X periode 2022-2027. 

Pelantikan berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. 

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, ," kata Jokowi saat membacakan sumpah jabatan yang diikuti Sultan HB X dan Paku Alam X dalam acara pelantikan, Senin, 10 Oktober 2022.

Keluarga dari Sultan HB X hadir dalam pelantikan ini. Di antaranya seperti GKR Mangkubumi, GKR Bendara, dan GKR Maduretno. Adapun Sultan HB X terakhir kali dilantik Jokowi pada 10 Oktober 2017.

Berdasarkan Undang- Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Yogyakarta, diatur bahwa Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Sultan yang sedang bertakhta. Sebelumnya Sultan HB X memangku jabatan Gubernur DIY untuk periode 2017-2022.

Selain itu, Jokowi juga akan melantik Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah atau LKPP untuk periode yang sama, 2022-2027. Hendrar juga kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, seperi halnya Jokowi.

Hendrar dilantik menggantikan posisi yang semula dipegang oleh Abdullah Azwar Anas. Azwar Anas yang juga kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu sebelumnya dilantik Jokowi menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo.

Sejumlah pejabat lain juga hadir dalam pelantikan ini. Mulai dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, hingga Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment