News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

OPD dan BUMD Kota Yogyakarta Dukung Paguyuban Batik Sidoluhur di Festival Batik “Jagaddhita, Batik Jogja Istimewa Mendunia

OPD dan BUMD Kota Yogyakarta Dukung Paguyuban Batik Sidoluhur di Festival Batik “Jagaddhita, Batik Jogja Istimewa Mendunia


WARTAJOGJA.ID : Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan BUMD di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta turut mendukung Paguyuban Batik Sidoluhur Kota Yogyakarta untuk terus eksis dan berkembang. Paguyuban Batik Sidoluhur Kota Yogyakarta ikut ambil bagian dalam serangkaian acara Festival Batik yang diselenggarakan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tema “Jagaddhita, Batik Jogja Mendunia” di Jogja Expo Center, 19-23 Oktober 2022.

Pada kesempatan ini, Paguyuban Batik Sidoluhur menampilkan karya-karya anggotanya yang merupakan pengrajin batik di Kota Yogyakarta melalui kegiatan fashion show pada Sabtu 22 Oktober 2022. Karya-karya yang ditampikan merupakan karya Gee Batik, Rumah Batik Jinggar, Malam Batik, Smart Batik, Namburan Batik, Batik Nigan Asri, Candra Batik, Irene Batik, Damai Langit Batik, Ethnic Batik Gendhis, Javanic Batik, Creative Batik, Yasmin Butik Batik, dan Astor Batik. Model yang memeragakan fashion show kali ini sangat unik karena berasal dari perwakilan dari OPD dan BUMD di Kota Yogyakarta. Hal ini secara langsung juga menunjukkan keberpihakan dan dukungan dari Pemerintah Kota Yogyakarta kepada UMKM dan IKM. 

Ketua Paguyuban Batik Sidoluhur, Theresa Naumi menyatakan “Fashion show hari ini merupakan fashion show pertama paguyuban dan kami berterima kasih khususnya pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY karena telah memberi kami kesempatan. Selain itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemkot Yogyakarta yang berkenan menjadi model dan mendukung penuh kegiatan ini”. Sekretaris Paguyuban Batik Sidoluhur, Miftahudin Nur Ihsan menambahkan “Kegiatan ini sangat penting untuk menumbuhkan motivasi bagi anggota-anggota kami untuk terus berkarya. Pandemi COVID-19 benar-benar memukul industri batik di Yogyakarta”.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM Kota Yogyakarta, Drs. Tri Karyadi Riyanto Raharjo, M. Si, yang juga menjadi salah satu model dalam acara tersebut menyampaikan “Jajaran pemerintah dan BUMD di Kota Yogyakarta akan selalu mendukung para pelaku UMKM dan IKM yang ada di Yogyakarta, baik melalui kegiatan pelatihan dan pameran, maupun kegiatan lain. Pada kegiatan kali ini, kami melibatkan OPD di luar Dinas PKU, seperti Dinas Kesehatan, Bappeda, BPD DIY, Bank Jogja, dan Kemantren untuk meningkatkan kerja sama dan kolaborasi antar OPD”.

Dengan adanya kolaborasi yang baik dan berkesinambungan antara UMKM dan Pemerintah Kota Yogyakarta, diharapkan kondisi ekonomi dapat pulih lebih cepat dan UMKM akan bangkit lebih kuat. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment