News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Obelix Village, Destinasi Tengah Desa Di Sleman Beroperasi Akhir Pekan Ini

Obelix Village, Destinasi Tengah Desa Di Sleman Beroperasi Akhir Pekan Ini


Obelix Village, Destinasi Tengah Desa Di Sleman

WARTAJOGJA.ID :  Sebuah kawasan destinasi baru kembali lahir di Yogyakarta, persisnya di tengah hamparan sawah hijau Padukuhan Krandon, Kalurahan Pandowoharjo, Kabupaten Sleman.

Destinasi bernama Obelix Village itu mulai dibuka untuk wisatawan pada akhir pekan ini, Sabtu 15 Oktober 2022.

“Obelix Village ini berdiri di atas lahan seluas 4 hektare, dengan sejumlah wahana interaksi bagi wisatawan dengan alam desa seperti mini farm dan little zoo,” kata manajer Obelix Village, Monika Priyatno Jumat 14 Oktober 2022.

Obelix Village sendiri merupakan destinasi kedua pengembangan dari pengelola destinasi Obelix Hills yang berada di dataran tinggi Dusun Klumprit, Wukirharjo, Prambanan, Sleman.

Bedanya, jika Obelix Hills menawarkan sensasi menikmati sunset dan panorama dari atas perbukitan, Obelix Village ini menitikberatkan konsep back to nature alias pengalaman menyenangkan di tengah-tengah pedesaan Sleman yang sejuk dan asri.

Monika menuturkan, Obelix Village sendiri sudah dikembangkan cukup lama, berawal dari keinginan menciptakan area rekreasi unik di tengah areal pedesaan tanpa merusak atau menghilangkan unsur alamiah khas desa itu sendiri.

" Obelix Village ini berdiri di lahan zona kuning (area pemukiman), sehingga hal natural yang menjadi karakter atau ciri kawasan obyek ini yang dipertahankan,” kata Monika.

Berangkat dari konsep itu, destinasi yang dikelola bersama masyarakat dan menggandeng lembaga desa itu dilengkapi wahana yang mencirikan karakter hunian ala pedesaan. Misalnya adanya peternakan mini atau mini farm yang menjadi wahana edukasi tentang pertanian bagi wisatawan.

“Dari mini farm ini, wisatawan bisa belajar cara bercocok tanam beragam sayuran organik dan memanen hasil pertanian dari petani desa ini langsung,” kata Monika.

Sedangkan little zoo atau kebun binatang mini di Obelix Village ini semacam peternakan mini yang biasanya ada di pedesaan. Hanya saja di peternakan mini ini tak hanya berisi hewan ternak seperti sapi, kambing, kelincim dan ayam. Tapi ada juga rusa, burung, juga kuda poni. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan satwa itu dan belajar memberikan pakan yang sudah disediakan.

Taman luas dengan bunga warna warni juga menjadi wahana tersendiri bagi wisatawan menghabiskan waktu atau berswafoto di kawasan itu.

Tak hanya itu, di Obelix Village ini, wisatawan bisa menemukan pula wahana river deck, dimana pengunjung dapat bersantai di tepi sungai sembari menikmati ragam kuliner.

Monika membeberkan, destinasi Obelix Village ini juga melibatkan lembaga tradisi desa untuk memberikan atraksi yang jarang dilihat wisatawan khususnya dari perkotaan. Misalnya atraksi gerobak sapi.

Hadirnya objek wisata ini ditargetkan tak hanya sebagai pelengkap destinasi di Yogya bagian utara. Namun juga menggeliatkan perekonomian desa. Saat ini, kata Monika, destinasi ini telah menyerap 120 orang warga lokal yang disebar untuk mengelola restoran, kafe, dan mini stall (semacam kedai di area destinasi).

Untuk memasuki objek wisata ini, pengunjung hanya cukup membayar tiket masuk mulai dari Rp 15 ribu. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment