News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Lustrum XVI, Grha Padmanaba 7 Lantai Dilaunching Besok

Lustrum XVI, Grha Padmanaba 7 Lantai Dilaunching Besok


WARTAJOGJA.ID – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Yogyakarta, pada 19 September 2022 genap berusia 80 tahun. Lustrum Ke-16 sekolah yang memiliki julukan Padmanaba tersebut diisi dengan bermacam kegiatan yang melibatkan siswa, alumni, dan guru.

Yang menarik, Lustrum XVI Padmanaba diisi pula dengan grand launching/Peresmian Gedung Grha Padmanaba pada tanggal 17 September 2022.

Peresmian akan dilakukan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Prof Dr Muhadjir Effendy MAP.

Grha Padmanaba adalah Gedung tujuh lantai yang menelan biaya pembangunan sekitar Rp 17 miliar. Gedung tersebut dibangun sebagai persembahan alumni kepada almamater untuk menambah kebutuhan ruang, melestarikan bangunan heritage dan mendukung program pemerintah Merdeka Belajar, kata Triyanto Ketua Panitia Pembangunan Grha Padmanaba.

Ketua Umum Keluarga Besar Alumni (KBA) Padmanaba, Dr Hendri Saparini mengatakan, Lustrum kali ini digelar melibatkan alumni seluruh angkatan. ‘’Kami berupaya menunjukkan bahwa para alumni guyub rukun tetap peduli dengan sekolahnya dan masyarakat yang membutuhkan,’’ ujar Ekonom senior dan pendiri Core Indonesia tersebut.

Ketua Umum Lustrum XVI Padmanaba Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh SH MH mengatakan, sejumlah acara sudah digelar dan akan digelar hingga puncak acara Lustrum Ke-16 Padmanaba. ‘’Ulang tahun ke-80 Padmanaba jatuh pada tanggal 19 September 2022. Mengambil tema Mengabdi Tiada Henti, Berbagi Setiap Hari,’’ ujar Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri tersebut.

Dalam lustrum XVI ini guru dan siswa juga banyak dilibatkan dalam rangkaian kegiatan lustrum sehingga menambah bonding yg lebih kuat antara alumni guru siswa dan almamater yang menjadikan Padmanaba makin kompak dan kuat, kata Dr. Kusworo, Spd. MHum Kepala Sekolah SMAN 3 Yogyakarta

Pada 26 Juni 2022 telah diadakan sunatan massal bagi 80 anak di Bantul. Disusul pada 23 Juli 2022
berbagi kebahagiaan berupa wisata untuk 80 guru dan karyawan Padmanaba  krn para guru sudah mengeluarkan effort luar biasa dalam proses belajar mengajar di masa paandemi. Pada 15 Agustus 2022 diadakan pemeriksaan mata gratis untuk 80 anak. Saat pandemi para siswa lebih banyak belajar via online dan banyak siswa yang mengalami gangguan mata.

Rangkaian acara berbagi lain di antaranya, Berbagi Pengalaman Sukses dengan 8 Cara Berbeda (26 Agustus 2022); berbagi air bersih dengan pembuatan sumur bor di Kulonprogo (31 Agustus 2022); Seminar Psikologi Persiapan Ujian Masuk PTN (10 September 2022); Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Grha Sehat Padmanaba (10-17 September 2022). Juga telah digelar kegiatan 21 kelas di Padmanaba berbagi sembako ke 21 panti asuhan.

Pada 17 September 2022 diselenggarakan acara secara simultan, yakni Bike to Share, bersepeda sambil berbagi; Operasi Katarak gratis bagi 80 pasien; Lomba Antar Kelas diikuti siswa Padmanaba; Padmanaba Golf; Peresmian Grha Padmanaba; Duel Antar Angkatan Part II; dan Padzar UMKM. 

Pada 18 September 2022 digelar Padmanaba Run; Padmataya (flashmob This is Padmanaba); Munas dan pemilihan Ketua KBA Padmanaba; Tasyakuran; dan upacara bendera pada 19 September 2022.

Kegiatan Grha Sehat Padmanaba merupakan kolaborasi alumni di bidang kedokteran dan kesehatan. Untuk membantu seluruh keluarga besar Padmanaba dan masyarakat Yogyakarta yang membutuhkan konsultasi medis.

Pada 10 September 2022 telah digelar skrining operasi katarak untuk masyarakat umum secara gratis yang dilakukan tim alumni Padmanaba. Bekerjasama dengan tim dokter mata RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. Skrining di lantai dasar Grha Padmanaba. 

Pada 11 September 2022, diselenggarakan donor darah untuk masyarakat umum dan penggiat donor darah. Bekerjasama dengan PMI Yogyakarta. Acara mulai jam 09.00 di lantai dasar Grha Padmanaba

Konsultasi dokter dan fisioterapi gratis, diselenggarakan 12-16 September 2022. Merupakan kolaborasi dengan empat dokter umum, 10 dokter spesialis dan fasilitas fisioterapi yang siap membantu, sesuai jadwal yang ditentukan. Konsultasi kesehatan di Lantai Dasar Grha Padmanaba, Yogyakarta. Masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan dapat langsung datang dengan membawa KTP. 
Dalam Lustrum ini juga dibuka Layanan E-KTP dan Digitalisasi KTP di Aula SMAN 3 Yogyakarta bagi keluarga besar Padmanaba dan warga masyarakat 

Sedangkan berbagi bantuan air bersih dilakukan karena warga Jetis, Kelurahan Pagerharjo, Kapanewon Samigaluh, Kulonprogo sangat membutuhkan. Terutama sumber air bersih. 

"Selama ini mereka mendapatkan air dari sungai yang disedot dengan pompa secara kolektif atau mereka mengambil dari mata air dengan cara dipikul. Target awal bantuan air bersih akan melayani 70 KK. Tahap berikutnya 250 KK,’’ ujar koordinator bantuan air bersih Tri Herwan P.  (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment