News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jangan Terlewat ! 3 Event Seru HUT Kota Jogja Ini Digelar Awal Oktober

Jangan Terlewat ! 3 Event Seru HUT Kota Jogja Ini Digelar Awal Oktober




WARTAJOGJA.ID : Pemerintah Kota Yogyakarta telah menyiapkan sedikitnya 14 acara besar untuk merayakan hari jadi ke 266 Kota Yogyakarta ke-266 selama sepekan lebih 1-9 Oktober 2022.

Dari 14 agenda event itu, ada setidaknya tiga acara yang sayang dilewatkan bagi wisatawan yang kebetulan menyambangi Yogyakarta pada awal Oktober.

Pertama yakni pertunjukan wayang bertajuk Malioboro 1.000 Kelir pada 4 Oktober 2022 yang dipusatkan di Jalan Malioboro.

"Ada sekitar 100 dalang cilik melakukan aksi flash mob dalam Malioboro 1.000 Kelir itu, persisnya di ujung utara Jalan Malioboro sekitar pukul 16.00 WIB," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Yetty Martanti Rabu 28 September 2022.

Dalam event ini, wisatawan bakal disuguhi berbagai pertunjukkan mulai dari lomba fotografi bertema wayang, kolaborasi lima jenis wayang dalam satu gelaran kelir, hingga perkembangan wayang dalam media baru yaitu wayang sinema.

Usai aksi flash mob ratusan dalang cilik itu, wisatawan bakal dihibur dengan panggung Sekar Rinconce yang dimulai pukul 18.00 WIB.

Sekar Rinonce menampilkan kesenian tradisi dan kontemporer dari berbagai sanggar seni di Yogya dengan konsep panggung menyatu dengan pengunjung yang sedang menikmati suasana Malioboro.

"Pada perayaan HUT ke 266 ini, panggung Sekar Rinconce kami gelar bersamaan di tiga titik agar bisa jadi pilihan wisatawan," kata Yetti. Tiga titik itu yakni  di depan Pasar Beringharjo, gerbang Kepatihan, serta di depan Teras Malioboro 2.

Adapun acara kedua yang juga sayang dilewatkan pada HUT Kota Yogya ke 266 ini tak lain sepeda bersama bertajuk Yogowes yang diinisiasi Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Yogyakarta pada 2 Oktober 2022.

Sub Koordinator Kelompok Substansi Pembinaan Kepemudaan Disdikpora Kota Yogyakarta Mugi Suyatno menyebut Yogowes ditargetkan bisa diikuti 2.500 peserta baik dari kalangan wisatawan, pemerintah, serta komunitas sepeda di Yogyakarta.

“Kami buka akses pendaftaran on the spot pada hari H pelaksanaan acara, dan peserta bisa mendapat kupon snack, minun, dan doorprize,” kata dia.

Rute yang akan ditempuh dalam gelaran ini sejauh 12 kilometer. Dimulai dari kawasan Balai Kota Yogyakarta dan melintasi beberapa landmark di Kota Yogyakarta seperti tugu pal putih, alun-alun utara, dan finish Balai Kota Yogyakarta.

Sedangkan acara ketiga HUT ke 266 Kota Yogyakarta yang tak kalah menarik yakni Rumaket atau kependekan dari Ruang Masyarakat Ketemu yang menampilkan kolaborasi pelaku seni, desainer dan dalang di kawasan Malioboro pada 5 Oktober. 

Dalam gelaran itu, para desainer bakal memamerkan beragam karya terinspirasi dari tokoh-tokoh wayang disertai tarian dan pertunjukan band asal Yogyakarta Letto.

Tak melulu pertunjukkan, jika wisatawan berada di Yogyakarta selama rangkaian HUT Kota Yogyakarta ke 266 itu, bisa sekalian berburu beragam produk cinderamata dan oleh oleh khas Yogya lain dalam gelaran bertajuk Sekati Ing Mall yang dilaksanakan 5-9 Oktober.

Gelaran yang diinisiasi Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta ini akan melibatkan 80 industri kecil menengah (IKM) di Kota Yogya menampilkan produk produk andalannya di tiga mal dengan harga menggoda.

Gelaran Sekati Ing Mall bakal dipusatkan di Malioboro Mall, Galeria Mall, dan Lippo Plaza. Para IKM event ini mulai bidang kuliner, kerajinan dan fashion. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment