News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Inkubasi Bisnis bagi Sociopreneur Muda Digelar

Inkubasi Bisnis bagi Sociopreneur Muda Digelar



WARTAJOGJA.ID : Tahun ini, Pusat Kajian Kepemudaan/Youth Study Centre (YouSure) Fisipol UGM bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) kembali menyelenggarakan gelaran Sociopreneur Muda Indonesia (SOPREMA) FISIPOL UGM.

Memasuki tahun ketujuh perhelatan, SOPREMA FISIPOL UGM hadir dengan tema “#7TahunSOPREMA: Recover Together Recover Stronger, Bangkit bersama Sociopreneur”.  

Melalui tema ini, SOPREMA FISIPOL UGM 2022 berupaya untuk mewadahi dan memfasilitasi ide wirausaha sosial, khususnya oleh pemuda, untuk kembali pulih dan bangkit kembali setelah adanya pandemi Covid-19 yang saat ini sudah mulai dapat dikendalikan. 

Melalui penyelenggaraan SOPREMA FISIPOL UGM 2022 tahun ini diharapkan dapat mendorong kebangkitan ekonomi dan bisnis sosial yang beberapa tahun terakhir sempat lesu akibat pandemi. 

Melihat situasi pandemi saat ini yang terus melandai dan sudah dapat dikendalikan, beberapa penyesuaian dilakukan pada penyelenggaran SOPREMA FISIPOL UGM 2022 guna mengembalikan semangat para sociopreneur muda Indonesia untuk berkiprah seperti sedia kala. 

Di tahun 2022 ini, rangkaian acara SOPREMA FISIPOL UGM 2022 akan digelar dengan metode hybrid atau bauran, salah satunya program Inkubasi. 

Program Inkubasi ini menjadi bentuk nyata komitmen SOPREMA FISIPOL GUM untuk terus mengembangkan potensi kewirausahaan sosial dengan melakukan pendampingan kepada para sociopreneur muda. 

Inkubasi SOPREMA FISIPOL UGM 2022 tahun ini diselenggarakan bekerja sama dengan Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi (DIT-PUI) UGM dan Creative Hub (C-Hub) FISIPOL UGM. 

PUI-UGM yakni direktorat yang memainkan peran strategis dalam meningkatkan produktivitas unit usaha, serta C-Hub yang berperan sebagai sebuah ekosistem belajar transdisipliner untuk mengatasi masalah sosial secara kreatif, bersama dengan Soprema akan memberikan mentoring dengan kurikulum yang telah dirancang untuk para peserta inkubasi. 

Melalui kolaborasi antara SOPREMA-PUI UGM-C-Hub, diharapkan para sociopreneur muda dapat memperoleh ruang yang lebih luas untuk mematangkan gagasan dan ide, serta memperluas jejaring dan peluang kerja sama dengan sociopreneur muda lainnya maupun para investor. 

Program Inkubasi SOPREMA FISIPOL UGM 2022 resmi dimulai pada tanggal 20 Agustus 2022 lalu di FISIPOL UGM oleh Achmed Faiz selaku penanggung jawab kegiatan. Program pendampingan intensif ini dirancang untuk dapat diikuti peserta selama dua bulan selama Agustus hingga Oktober 2022 secara luring di kampus UGM. 

Program Inkubasi SOPREMA FISIPOL UGM 2022 diikuti oleh 18 tim sociopreneur muda yang berasal dari peserta SOPREMA tahuntahun sebelumnya dan peserta inkubasi Innovative Academy UGM. 

Selama mengikuti program Inkubasi SOPREMA FISIPOL UGM 2022, peserta akan mengikuti kurikulum tentang kewirausahaan sosial dalam rangkaian sesi kelas dan mentoring dari DIT-PUI UGM dan C-Hub FISIPOL UGM. Pada akhir kegiatan Inkubasi SOPREMA FISIPOL UGM 2022 nanti, akan ada usaha terpilih yang berkesempatan untuk mendapatkan dana modal usaha dari Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui kegiatan Wirausaha Muda Pemula (WMP). (Yan/San)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment