News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gencarkan Vaksinasi Booster di Stasiun Tugu, DPD Putri DIY : Permudah Pelaku Perjalanan

Gencarkan Vaksinasi Booster di Stasiun Tugu, DPD Putri DIY : Permudah Pelaku Perjalanan


Ketua DPD Putri DIY, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara

WARTAJOGJA.ID: Dunia Pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) turut berimbas atas kebijakan baru dalam penggunaan moda transportasi, khususnya kereta api.

Langkah strategis pun dilakukan agar industri pariwisata tetap stabil meski dipengaruhi kebijakan penanganan pandemi Covid-19 dari pemerintah pusat.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (Putri) DIY menjadi salah satu kolabotator untuk mewujudkan visi dunia pariwisata yakni Jogja Menuju Pariwisata Berkelanjutan.

"Tentunya masyarakat sekarang menilai Covid-19 sudah berlalu, jadi dirasa tidak butuh booster lagi. Tetapi sekarang ketentuan pemerintah berubah, KAI juga berubah, harus booster untuk naik kereta api," kata Ketua DPD Putri DIY, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara, seusai hadiri acara vaksinasi dan bazar di Stasiun Tugu Yogyakarta, Rabu (31/8/2022).

GKR Bendara menjelaskan, akibat aturan baru perjalanan kereta api tersebut, tak sedikit pelaku perjalanan membatalkan tiketnya.

Namun, DPD Putri DIY dan PT KAI beserta stakeholder terkait telah menggelar vaksinasi gratis untuk memfasilitasi pelaku perjalanan KA, khususnya yang ada di DIY.

"Tetapi kebijakan ini untuk mengingatkan masyarakat kembali booster. Karena dari vaksin pertama dan kedua jaraknya terlalu jauh," terang dia.

Menurutnya, moda transportasi dan komunikasi menjadi peran penting yang mendukung Pariwisata Indonesia, khususnya di DIY. 

Sinergi baik berupa optimalisasi kerjasama sebagai sarana prasarana publik di destinasi wisata, hingga promosi bersama perlu dilakukan dan terus diperbaharui sesuai kondisi ekosistem pariwisata DIY yang sangat dinamis. 

Yogyakarta sebagai destinasi pariwisata prioritas, mulai bangkit kembali pascapandemi covid-19.

Hal ini dibuktikan dengan 3 tolak ukur kepulihan ekonomi di sektor pariwisata yakni jumlah kunjungan wisatawan, lama mereka tinggal, dan nilai belanja yang dikeluarkan.

"Harapannya dengan kegiatan vaksinasi ini, masyarakat dapat mengakses vaksin booster ke tiga," ungkapnya.

Executive Vice President (VP) PT KAI Daop 6, Eka Putra, mengatakan kegiatan pada Rabu (31/8/2022) pagi selaras dengan Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022.

Dimana setiap pelaku perjalanan khususnya kereta api harus sudah melaksanakan vaksinasi booster ke tiga.

"Kegiatan hari ini ya, sangat selaras dengan kebijakan pemerintah. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini pariwisata Jogja tetap berkembang," ujarnya.

Dia berharap dengan banyaknya kegiatan vaksinasi booster dibeberapa stasiu, semakin mempermudah masyarakat untuk melakukan perjalan kereta api.
Selain vaksinasi booster, digelar pula bazar istimewa produk-produk UMKM di wilayah DIY. (Cak/Rls)
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment