News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pasca Gelombang Pasang, Sultan HB X Tata Ulang Pantai Depok

Pasca Gelombang Pasang, Sultan HB X Tata Ulang Pantai Depok



WARTAJOGJA.ID : Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyambangi lokasi terdampak gelombang tinggi yang menimbulkan kerusakan pada bangunan semi permanen di Pantai Depok, Bantul, pada Selasa 19 Juli 2022. 

Kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan pada peristiwa gelombang tinggi yang terjadi Sabtu (16/7) lalu memang tidak terlalu besar, namun Sultan menginginkan evaluasi menyeluruh Pantai Depok. 

"Musibah gelombang pasang kemarin jadi momentum menggali dan meningkatkan potensi dan membangun kawasan Pantai Depok," kata Sultan.

Meski tak bisa digunakan main air, Pantai Depok yang berada di barat Pantai Parangtritis itu dikenal sebagai kawasan dengan sejumlah aktivitas ekonomi yang sangat sibuk. 

Selain menjadi pusat aktivitas nelayan mencari ikan di laut juga terdapat sentra besar jual beli ikan dengan tersedianya tempat pelelangan ikan.

Di Pantai Depok juga terdapat aktivitas industri pengolahan ikan yang dilakukan koperasi nelayan serta pusat kuliner khas olahan laut yang menjadi favorit wisatawan.

"Pembangunan ulang kawasan Pantai Depok dengan mendesainnya secara menyeluruh, tidak hanya di bibir pantai saja, tapi seluruh kawasan hingga akses ke sekitar laguna yang bisa dijadikan dermaga," kata Sultan.

"Jadi bukan hanya sekedar penataan untuk pusat kulinernya saja, misalnya ada ruang juga untuk pentas seni budaya," kata Sultan.

Potensi wisata di Pantai Depok, kata Sultan, dinilai bakal lebih berkembang jika bergerak tak hanya mengandalkan aktivitas kuliner dengan latar belakang lautnya saja.

"Tetapi bisa makan sambil menikmati suasana laut juga menyaksikan pertunjukkan kesenian," kata Sultan.

"Harapannya semakin banyak lapangan kerja terbuka jika dikembangkang, semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan Pantai Depok mencari nafkah, tidak hanya melaut tetapi juga kegiatan ekonomi lainnya," ujar Sultan.

Sultan pun meminta pengurus Pantai Depok segera membentuk tim kecil untuk membuat draft pembangunan kawasan. Nantinya draft tersebut segera diajukan ke Kabupaten Bantul dan segera ditindaklanjuti bersama dengan Pemerintah DIY untuk direalisasikan. 

"Kami berharap pengajuan draft ini segera dilakukan, mengingat proyek pembangunan kawasan Depok ini akan memakan waktu yang tidak sebentar, biaya yang tidak sedikit serta kerjasama lintas dinas," kata dia.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslich mengatakan akan segera membuat perencanaan pengembangan kawasan Pantai Depok.

“Kami akan mulai susun perencanaan sampai DED (detil engineering design)nya," kata dia. (Gun/Dhe)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment