News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Di SMKN 3, BSSN Ajak Siswa Jaga Keamanan di Ruang Siber

Di SMKN 3, BSSN Ajak Siswa Jaga Keamanan di Ruang Siber


Di SMKN 3, BSSN Ajak Siswa Jaga Keamanan di Ruang Siber

WARTAJOGJA.ID:  Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelar kampanye Jaga Ruang Siber di SMKN 3 Yogyakarta, Jumat (22/7/2022). Para siswa pun diajak untuk turut menjaga keamanan ruang siber dan memanfaatkan untuk hal-hal baik yang produktif.

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara, Hinsa Siburian mengatakan kegiatan di SMKN 3 Yogyakarta merupakan program untuk melakasanakn litersi keamanan ruang siber. 

Saat ini ruang-ruang di Indonesia bukan hanya darat, laut dan udara saja, namun ada ruang baru yang sangat luas yakni siber.

“Banyak yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahertaan di ruang siber. Namun sama dengan dunia nyata ada ancaman yang membahayakan sistem elektronik yang kita gunakan. Kesadaran masyarakat untuk mengamankan menjadi sangat penting,” ungkap Hinsa.

Anak-anak sekolah menurut Hinsa perlu dibekali dengan kesadaran bahwa ada ancaman di ruang siber yang bisa berdampak pada keutuhan dan kedaulatan negara Indonesia. 
“Itulah pesan yang ingin kita sampaikan hari ini pada siswa SMKN 3 Yogyakarta,” sambung dia.

Di sisi lain BSSN terus membangun Sumber Daya Manusia (SDM) melalui politeknik Siber dan Sandi Negara. Tahun lalu, sekolah kedinasan itu menerima 100 siswa yang akan terus bertambah seiring kebutuhan.

“Harapannya juga perguruan tinggi dan universitas supaya ada prodi tentang cyber sekuriti karena kebutuhannnya sangat banyak dan sangat besar,” pungkas dia.

Sementara, Kepala SMKN 3 Yogyakarta, Bujang Sabri menyampaikan rasa bangga dan antusias karena adanya kegiatan BSSN yang membawa insight baru bagi siswa dan pengajar di sekolah tersebut. Adanya ancaman dan peluang di dunia siber diharapkan bisa dimanfaatkan oleh siswa.

“Anak-anak kami mungkin mendapatkan ilmu, bahwa penggunaan hp itu punya konsekuensi karena mungkin selama ini tidak tahu ancaman seperti apa. Dibalik kemudahaan banyak ancaman yang harapannya bisa disikapi dengan lebih waspada,” tandas dia. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment