News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Buka Wawasan Birokrasi, Mahasiswa IGOV UMY dan Mahasiswa Asing Belajar Open Goverment di Pemda DIY

Buka Wawasan Birokrasi, Mahasiswa IGOV UMY dan Mahasiswa Asing Belajar Open Goverment di Pemda DIY



WARTAJOGJA.ID : Program of Government Affairs and Administration Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (IGOV UMY) menggelar acara 3rd International Governmment and Politics Summer School (3rd IGoPSS) yang diikuti oleh sejumlah mahasiswa asing dari berbagai negara. 

Dalam program ini IGOV UMY yang berkeinginan memberikan pembelajaran secara aktual dan pembelajaran secara nyata kepada mahasiswa asing mengadakan kunjungan ke Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) pada Senin, 18 Juli 2022 lalu. 

Direktur IGOV UMY Sakir Ridho Wijaya mengatakan melalui kunjungan ke Pemda DIY yang digelar secara hybrid ini, peserta diajak memahami konsep Open Government di Pemda DIY.  Tujuannya untuk memberikan pembelajaran secara aktual dan mengetahui contoh kasus studi yang ada di Pemda DIY secara langsung. 

"Acara kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan pemerintah daerah DIY dikarenakan setiap mata kuliah yang diajarkan pada acara 3rd IGoPSS tidak jauh-jauh dari pemerintahan yang ada di DIY," ungkap Sakir. 

Sakir menjabarkan dalam acara 3rd IGoPSS, kunjungan ke Pemda DIY dilakukan agar para peserta dapat mengetahui perspektif secara langsung mengenai bagaimana Pemda DIY menampung, menjawab dan memberikan solusi inovatif terhadap keluh kesah masyarakat di DIY. 

"Peserta juga diharapkan dapat memahami sejarah dan keistimewaan dari DIY seperti, wilayah DIY mempunyai pemimpin provinsi seorang raja yang tentu berbeda dengan wilayah lainnya. Peserta juga dapat mengenal dan mengetahui sejarah mengenai area pemerintahan dan administratif dari Pemda DIY secara langsung," tutur Sakir. 

Salah satu peserta 3rd IGoPSS asal University of Bradford Alkestid Sterjo menyatakan bahwa ia sangat merasa sangat tertarik dengan kunjungan ke Pemda DIY. Selain belajar tata pemerintahan, kata Sterjo, dirinya juga banyak belajar tentang sejarah di DIY. 

"Kunjungan ke Pemda DIY sangat menarik. Kita dapat berdiskusi secara langsung dengan para pegawai yang berada disana selain itu, mereka menunjukan kepada kita mengenai sejarah dan tempat-tempat penting di area Pemda DIY yang mana itu sangat menakjubkan," ucap Sterjo. 

"Saya jugaendapatkan pengetahuan baru bahwa tidak semua tempat yang ada di Pemda DIY dapat dimasuki oleh masyarakat biasa," imbuh Sterjo. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment