News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sepekan Lengser, Walikota Yogya Haryadi Dicokok KPK ?

Sepekan Lengser, Walikota Yogya Haryadi Dicokok KPK ?


Eks Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti (istimewa)

WARTAJOGJA.ID : Ruangan eks Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti di Balaikota Yogyakarta disegel petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis 2 Juni 2022.

Penyegelan ruangan eks walikota itu hanya berselang sekitar sepekan pasca Haryadi lengser dari jabatannya per 22 Mei 2022 lalu dan jabatannya digantikan penjabat walikota Yogyakarta Sumadi.

"Tadi saya rapat dari Pemda DIY lalu ke Balai Kota dan saat mulai mau kegiatan jam 13.00 WIB ada petugas dari KPK datang," kata Penjabat Walikota Yogya Sumadi saat dihubungi Kamis.

Jumlah petugas dari KPK itu total ada tiga orang.

Para petugas KPK itu, lanjut Sumadi, lantas meminta izin untuk melakukan penyegelan di ruangan walikota.

"Kami kooperatif, karena mereka menunjukkan identitasnya juga benar, ya monggo silakan, terus kami tinggal rapat dan tidak tahu selanjutnya," kata Sumadi.

Sumadi sendiri tak menyaksikan penyegelan itu secara langsung.

"Saya rapat setelah itu dan tidak diminta keterangan apapun," kata dia.

Sumadi pun mengaku tak tahu menahu apakah ada aparatur sipil negara yang turut dicokok dalam penggeladahan dan penyegelan itu.

"Kami juga tidak tahu ini menyasar siapa, soal dokumen yang dibawa  saya juga tak tahu karena saya tinggal rapat," kata dia.

Sumadi juga mengaku tak tahu termasuk soal kabar mantan wali kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

"Saya tidak tahu, saya pulang itu tidak ada komunikasi yang bersangkutan (KPK)," kata dia.

Informasi yang diperoleh, pasca penggeledahan dan penyegelan ruang kerja walikota Yogyakarta itu, sekitar pukul 15.00-15.30 WIB sebuah unit bus Brimob sempat terparkir di rumah dinas Walikota Yogya yang berada di sisi timur Balaikota Yogya.

"Saat bus brimob itu terparkir, ada empat orang, terdiri dari tiga pria dan satu perempuan berseragam seperti PNS masuk ke bus Brimob yang terparkir di depan rumah dinas walikota," ujar saksi mata itu. 

Tak berselang lama, sebuah mobil jenis Toyota Avanza hitam datang dan parkir di depan bus Brimob itu.

"Yang turun dari mobil itu ada Pak Haryadi (eks walikota), memakai topi dan jaket, beliau lalu masuk bus Brimob itu," kata dia. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment