News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemilih Demokrat Melonjak Versi Litbang Kompas, Rini Hapsari : Perjuangan Rakyat Semakin Kuat

Pemilih Demokrat Melonjak Versi Litbang Kompas, Rini Hapsari : Perjuangan Rakyat Semakin Kuat

Ketua DPC Demokrat Kota Yogyakarta yang juga anggota DPRD Kota Yogyakarta Rini Hapsari 

WARTAJOGJA.ID : Ketua DPC Demokrat Kota Yogyakarta yang juga anggota DPRD Kota Yogyakarta Rini Hapsari angkat bicara soal melonjaknya pemilih kalangan muda untuk Partai Demokrat berdasar hasil survei terbaru Litbang Kompas kurun Mei hingga Juni 2022.

“Fakta itu menjadi salah satu indikator, Partai Demokrat semakin dipercaya rakyat dan tak henti memperjuangan aspirasi rakyat,” kata Rini Hapsari Kamis (23/6/2022).

Hasil survei Litbang Kompas pada 26 Mei-24 Juni 2022 menunjukkan, PDI Perjuangan, Partai Demokrat, dan Partai Gerindra menjadi tiga partai dengan elektabilitas tertinggi di kalangan generasi muda.

Berdasarkan survei tersebut, pada generasi Z (kelahiran 1997-2012, usia 10-25 tahun), PDI-P memiliki elektabilitas sebesar 20,4 persen, diikuti oleh Demokrat (15 persen), dan Gerindra (12,9 persen). Dibandingkan survei sebelumnya, angka keterpilihan PDI-P dan Demokrat menguat sedangkan Gerindra menurun.

“Partai Demokrat senantiasa bekerja dengan hati, di bawah komando Mas AHY sebagai representasi generasi muda, yang selalu siap mendengar aspirasi kaum muda dalam mewujudkan masa depan mereka lebih baik di masa datang,” ujar Rini Hapsari.

Rini mengakui, perjalanan panjang Partai Demokrat mengarungi dinamika politik Indonesia tak pernah terlepas dari aspirasi rakyat.

“Di mana ada keluh kesah dan penderitaan rakyat, Partai Demokrat senantiasa mendengar dan memperjuangkan aspirasi itu baik melalui kursi parlemen atau legislatif maupun kursi eksekutif,” kata Rini.

"Adanya kenaikan kepercayaan rakyat ini memang tidak mudah diraih, tentunya kami menerima dengan gembira namun sekaligus ke depan menjadi tantangan segenap kader demokrat untuk membuktikan kepercayaan rakyat," Rini menambahkan.

Dari survei Litbang Kompas, di kalangan pemilih generasi Y (kelahiran 1981-1996, usia 26-41 tahun), PDI-P dipilih oleh 28,4 persen responden, diikuti Demokrat (16,6 persen), dan Gerindra (16 persen).

Elektabilitas masing-masing partai menguat di kalangan pemilih itu dibanding survei sebelumnya, yakni PDI-P naik 8 persen, Gerindra (5,6 persen), dan Demokrat (1,6 persen).

Adapun survei ini diikuti oleh 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi. Dengan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error lebih kurang 2,8 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. (Cak/Rls)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment