News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

HUB.ID Accelerator 2022 Cari Startup Digital dari Yogyakarta

HUB.ID Accelerator 2022 Cari Startup Digital dari Yogyakarta


Roadshow HUB.ID Accelerator 2022 yang dimulai Jumat 17 Juni 2022 di Yogyakarta dihadiri oleh komunitas startup digital

WARTAJOGJA.ID : Memastikan startup digital yang mengikuti HUB.ID Accelerator berasal dari berbagai kota di Indonesia menjadi salah satu misi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). 

Salah satu caranya adalah dengan menggelar Roadshow HUB.ID Accelerator 2022 yang dimulai Jumat 17 Juni 2022 di Yogyakarta yang dihadiri oleh komunitas startup digital, hingga pelaku pendukung ekosistem startup lainnya untuk menjaring startup digital yang membutuhkan dipertemukan dengan mitra bisnis dan investor.

Setelah Yogyakarta, roadshow HUB.ID Accelerator 2022 akan mengunjungi Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, dan Makasar. Kominfo menargetkan semakin banyak startup digital yang mendapatkan kesempatan untuk bergabung memanfaatkan fasilitas business matchmaking yang diselenggarakan HUB.ID.

Ketua Tim Business Matchmaking Kementerian Komunikasi dan Informatika, Luat Sihombing, mengatakan HUB.ID bisa menjadi sebuah platform bagi ekosistem startup digital untuk mendukung pertumbuhan skala bisnis dan investasi melalui jejaring korporasi, pemerintah dan investor yang disiapkan di dalam HUB.ID.

"Startup digital yang kami cari adalah perusahaan dengan badan hukum di Indonesia, founder yang menjabat C-Level merupakan WNI, telah menjalankan usaha paling tidak 2 tahun, dan telah memiliki post revenue. Kualifikasi startup ini memenuhi sektor bisnis yang menjadi fokus HUB.ID Accelerator 2022 yaitu Agri&Aqua Culture, Logistic/Supply Chain, SME Enabler, B2B/Enterprise Solution, menjadi penyedia solusi di masa pandemi, saat seluruh aktivitas dilakukan secara digital, termasuk di sektor retail, social commerce, edutech, fintech dan logistik. Startup juga menyediakan solusi bagi kebutuhan primer seperti supply chain serta agriculture dan aqua culture," tutur Luat dalam acara Roadshow HUB.ID Accelerator program di Yogyakarta.

Startup peserta HUB.ID Accelerator 2022 akan mengikuti rangkaian manfaat berawal dari business mentoring, business matchmaking, networking session, pitch training, demo day, hingga global immersion yang berlangsung hingga Oktober 2022 mendatang.

Registrasi program HUB.ID Accelerator 2022 sendiri telah resmi dibuka pada 11 Juni 2022 melalui laman https://HUB.ID, dan ditutup pada 10 Juli 2022 mendatang. 

Start-up yang tergabung dan lulus kurasi nantinya akan didampingi oleh tim untuk bisa mendapatkan mitra bisnis yang sesuai dengan bisnis dan tujuan ekspansi pasar mereka, serta mendapat investasi.

Salah satu pembicara pada kegiatan Roadshow HUB.ID Accelerator 2022 di Yogyakarta, Sigit Arfianto selaku CEO of Lister menyebutkan bahwa HUB.ID Accelerator adalah salah satu accelerator startup digital yang banyak memberikan manfaat dan dijalankan secara profesional.

"Berkat mengikuti HUB.ID Accelerator pada tahun 2021, Lister menjadi siap dan akhirnya mendapatkan pendanaan pertamanya setelah mendapatkan banyak validasi dan pengembangan melalui mentoring dan banyaknya pertemuan bisnis yang disediakan HUB.ID.", tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Sony Rachmadi Purnomo, CEO of RunSystem, sebuah startup digital yang telah IPO di Bursa Efek Indonesia, mengatakan pemilihan accelerator yang tepat dan fokus akan dapat membantu startup digital untuk menciptakan peluang kerjasama bisnis dan investasi untuk tetap bertaha dan sampai bertumbuh. 

Adanya HUB.ID Accelerator 2022 menjadi kesempatan bagi startupIndonesia untuk mendapatkan mitra bisnis yang tepat, dan menguatkan bisnis melalui sinergi, kolaborasi, dan kerjasama bisnis.

"Tantangan investor mendapatkan startup digital yang bagus adalah diawali dengan mendapatkan founder yang memiliki keyakinan akan bisnis model dan inovasi yang diusung. Kepercayaan diri sangat diperlukan untuk melalui proses keberlangsungan startup digital di tahap awal.", terangnya.

Melalui program HUB.ID Accelerator 2022, Kominfo ingin melanjutkan keberhasilan membuka sinergi, kolaborasi, kerjasama bisnis, dan investasi bagi startup digital. Selain HUB.ID Accelerator, Kominfo juga akan menggelar HUB.ID Summit pada tanggal 05-06 September di Bali, sebuah acara pertemuan bisnis antar startup digital dengan VC’s dan Business Partners. Seluruh informasi kegiatan HUB.ID dapat diakses melalui laman www.hub.id.

“Kami tidak hanya fokus pada investasi, tapi juga sinergi, kolaborasi, dan kerja sama bisnis. Jalan terus startup Indonesia, ke depannya semoga kami bisa memberikan lebih banyak lagi program yang dibutuhkan startup digital Indonesia” tutup Luat. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment