News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bantuan Lemdiklat POLRI, Suko Gedangsari Gunungkidul Miliki Masjid Megah

Bantuan Lemdiklat POLRI, Suko Gedangsari Gunungkidul Miliki Masjid Megah



WARTAJOGJA.ID - Warga di Pedukuhan Suko, Kalurahan Mertelu, Kapanewon Gedangsari, Gunungkidul patut berbahagia. Sebab kini mereka memiliki tempat ibadah berupa masjid yang megah.

Masjid Bumi Damai Al-Ikhlas 51AP tersebut diresmikan pada Kamis (23/06/2022). Peresmian dilakukan langsung oleh Kepala Pusat Pendidikan Masyarakat (Kapusdik Binmas), Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) POLRI, Kombes Pol Markilat Heru Prasetyo.

Masjid ini terbangun berkat dukungan Siswa Batalyon 7 Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Angkatan 51 Pusdik Binmas Lemdiklat POLRI. Dukungan diberikan mulai dari dana hingga tenaga.

"Selain itu ada juga donasi dari berbagai elemen masyarakat," kata Heru usai peresmian.

Adapun lahan tempat dibangunnya masjid sebelumnya merupakan Tanah Wakaf. Itu sebabnya, pihaknya memutuskan untuk membangun masjid tersebut, sekaligus dalam rangka Bakti Sosial untuk Hari Bhayangkara ke-76.

Heru pun berharap keberadaan masjid ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh warga setempat. Apalagi menurutnya, masjid merupakan tempat yang bersifat multifungsi, bukan hanya sebagai rumah ibadah.

"Sebab selain untuk ibadah, bisa sebagai tempat berkumpul hingga mengasah pengetahuan, baik tentang agama maupun umum," ujarnya.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti. Heru bersama rombongan pun langsung menunaikan ibadah Salat Zuhur, yang perdana dilakukan di masjid ini.

Dukuh Suko, Santo menyatakan rasa syukurnya atas bantuan yang diberikan. Sebab kini warganya bisa memiliki rumah ibadah yang layak, ditambah dengan lokasinya yang tenang dan sejuk karena berada di puncak bukit.

"Warga nantinya bisa menjalani ibadah di Masjid Bumi Damai Al-Ikhlas 51AP ini secara khidmat," katanya.

Adi Winoto, tokoh masyarakat setempat menuturkan Masjid Bumi Damai Al-Ikhlas sudah ada sejak lama. Namun kondisi bangunannya saat itu dinilai belum layak.

Sebab proses pembangunannya saat itu harus terhenti di tengah jalan karena kendala biaya. Pembangunan kembali dilanjutkan setelah ada bantuan dari Siswa Batalyon 7 SIP Angkatan 51 Pusdik Binmas Lemdiklat POLRI.

"Kami sangat berterimakasih karena akhirnya masjid ini selesai dibangun dan menjadi megah serta mewah," kata Adi. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment