News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wisata Yogya Padat Libur Lebaran, Sleman Upayakan Cara Hindari Antrean di TPR

Wisata Yogya Padat Libur Lebaran, Sleman Upayakan Cara Hindari Antrean di TPR




WARTAJOGJA.ID : Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Yogyakarta mencatat terjadinya lonjakan wisatawan di sejumlah destinasi pada libur lebaran kali ini.

Beberapa destinasi di Sleman seperti kawasan wisata Kaliurang dan Kaliadem, Breksi, Grojogan Watu Purbo, Studio Alam Gamplong, Sindu Kusuma Edu Park, Jogja Eksotarium masih menjadi tempat favorit wisatawan berpesiar pada libur Hari Raya Iedul Fitri 1443 H. 

Wisata di alam terbuka masih menjadi tujuan favorit wisatawan yang berpesiar memanfaatkan waktu libur lebaran bersama keluarga. 

"Sebelum libur lebaran kami coba mengantisipasi kemungkinan potensi terjadi antrean pada pintu masuk destinasi wisata yang dikelola Pemkab Sleman," kata Kepala Dinas Pariwisata Sleman Suparmono Rabu 4 Mei 2022.

Antisipasi antrean dilakukan dengan memanfaatkan alat khusus yang disebarkan ke titik-titik Tempat Pemungutan Retribusi (TPR). Sehingga saat melintasi TPR, wisatawan tak perlu lagi berhenti atau diproses terlalu lama.

"Total ada 12 alat transaksi baru yang kami distribusikan ke lima titik TPR," kata Suparmono.

Rinciannya, dua titik TPR kawasan Kaliurang dan tiga titik TPR kawasan Kaliadem.

"Alat tersebut mempunyai mobilitas yang baik bagi petugas untuk melakukan jemput bola, sehingga dapat meminimalisir potensi antrian panjang," kata dia.

Suparmono mengatakan telah mengirim alat dan melatih petugas sejak pekan lalu sebelum lebaran agar siap, cepat, dan tepat dalam melayani wisatawan di pintu masuk destinasi. 

"Jadi dengan alat baru itu kalaupun terjadi antrian tidak lagi sampai mengular panjang," kata dia.

Berdasar pantauan Dinas Patiwisata Sleman di TPR baik di gerbang Kaliurang, gerbang Kaliadem serta candi-candi tidak mengalami antrian yang berarti hingga H+1.

Kepala Seksi Fasilitas Pariwisata Dinas Pariwisata Sleman Dewi Pratika mengatakan rata-rata tempat wiaata itu ramai dikunjungi wisatawan saat pagi hingga sore hari.

"Kunjungan didominasi oleh kelompok-kelompok kecil keluarga dan kendaraan dari luar kota," kata dua.

Dewi mengatakan sejumlah destinasi yang dikelola masyarakat dan swasta di Sleman sudah mulai beroperasi pada hari lebaran pertama Senin 2 Mei. Adapun destinasi yang dikelola Pemkab Sleman baru mulai beroperasi pada hari Selasa 3 Mei seperti kawasan wisata Kaliurang, Kaliadem dan beberapa candi di wilayah Sleman timur.

Pada Selasa 3 Mei misalnya kawasan Kaliurang dikunjungi 3.969 wisatawan. Lalu kawasan Kaliadem 2.737 wisatawan, dan lebih dari 500 wisatawan berkunjung di lima candi yang dikelola Pemkab Sleman.

Sedangkan di wahana wisata Sindu Kusuma Edu Park dan Gamplong Studio masing-masing dikunjungi lebih dari 750an wisatawan. Sedangkan Tebing Breksi 984 wisatawan dan Jogja Exotarium 963 pengunjung dalam sehari.

"Kamu optimis kunjungan akan terus meningkat di destinasi-destinasi Sleman libur lebaran ini," kata dia. (Gun/Dis)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment