News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

BKN PDI Perjuangan Kota Yogyakarta Meriahkan Festival Gamelan Jaga Rasa Kanggo Bangsa

BKN PDI Perjuangan Kota Yogyakarta Meriahkan Festival Gamelan Jaga Rasa Kanggo Bangsa


Kelompok karawitan Swara Mahardhika Prabu mengisi  HUT ke-49 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Yogyakarta di Festival Gamelan bertema "Jaga Rasa 'Kanggo' Bangsa"

WARTAJOGJA.ID : Semangat membangun kepribadian dalam kebudayaan, jadi langkah d melestarikan dan mengembangkan kebudayaan sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. 

Melalui keberagaman budaya sebagai modal kekayaan budaya bangsa Indonesia, akan tumbuh kembang kebudayaan berdasar dan bersumber pada nilai-nilai kearifan nilai dan produk budaya yang mampu mewujud menjadi jati diri bangsa. 

Semangat inilah yang mendasari hadirnya kelompok karawitan Swara Mahardhika Prabu dalam mengisi  HUT ke-49 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Yogyakarta di Festival Gamelan bertema "Jaga Rasa 'Kanggo' Bangsa, " kata Hendi Setio Yulianto, Ketua Badan Kebudayaan Nasional DPC PDI Perjuangan Yogyakarta dalam pagelaran, Sabtu (21/5/2022) di kantor DPD PDI Perjuangan Jl. Tentara Rakyat Mataram No 47 Badran Yogyakarta.

Penampilan  kelompok Karawitan Swara Mahardhika Prabu yang di ketuai oleh ketua Badan Kebudayaan Nasional (BKN) DPC Kota Yogya Hendi Setio Yulianto ini, beranggotakan para seniman, seniwati, pelaku dan pemerhati budaya yang ada di Kota Yogyakarta, dengan pembinaan Eko Suwanto ST. M.Si (Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta, Ketua Komisi A DPRD DIY) dan  Susanto Dwi Antoro, Ketua Komisi A DPRD Yogyakarta. 

Hendi Setio Yulianto menambahkan BKN PDI Perjuangan Kota Yogyakarta terus berupaya untuk bersama-sama menggali, melestarikan dan mengembangkan khasanah budaya yang ada di masyarakat, dan bersama-sama masyarakat bergotong royong membangun kepribadian dalam kebudayaan. 

"Kelompok yang tergabung dalam Badan Kebudayaan Nasional (BKN) dan merupakan binaan DPC PDI Perjuangan Kota Yogya, sering terlibat dalam pementasan diberbagai kegiatan kesenian yang ada di Yogyakarta, baik dalam pementasan karawitan klasik maupun garapan," kata Susanto Dwi Antoro, Ketua Komisi A DPRD Yogyakarta dari Fraksi PDI Perjuangan. 

Susanto Dwi Antoro menambahkan kelompok binaan kesenian BKN PDI Perjuangan Kota Yogyakarta, beranggotakan kaum muda yang ada di Kota Yogyakarta, yang peduli terhadap pelestarian dan pengembangan kebudayaan, dalam hal ini salah satunya adalah seni karawitan.

Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta menyatakan sebagai pusat kebudayaan di tanah air, Yogyakarta harus jadi pelopor pelestarian budaya bangsa. 

"Jogja merupakan pusat kebudayaan yang harus jadi pelopor dan pelestari budaya. Melalui festival gamelan Jaga Rasa Kanggo Bangsa PDI Perjuangan mengajak masyarakat untuk nguri uri kebudayaan dan keistimewaan DIY. 

Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta menambahkan dukungan dan fasilitasi pelaku kesenian agar bisa hadir di ruang publik penting, agar masyarakat bisa kenal, tahu dan turut berikan dukungan pada kesenian tradisional dan budaya lokal. 

"Pemda harus memfasilitasi tumbuh kembangnya kebudayaan. Ke;depan dengan strategi kebudayaan, pemajuan dan pelestarian budaya kita dapat memperkokoh Pancasila," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta. (Hul/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment