News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Anggota DPRD Kota Jogja Rifki Listiyanto: Pemkot Perlu Garap Faktor Pendukung Wisata

Anggota DPRD Kota Jogja Rifki Listiyanto: Pemkot Perlu Garap Faktor Pendukung Wisata


Anggota DPRD Kota Jogja Rifki Listianto S.Si 

WARTAJOGJA.ID : Jogja selama ini dikenal sebagai kota tujuan wisata. Industri pariwisata bahkan menjadi lokomotif jalannya perekonomian. 

Anggota DPRD Kota Jogja Rifki Listianto S.Si pun mendorong Pemkot Jogja untuk meningkatkan faktor pendukung wisata.

Menurut anggota Fraksi PAN ini, selain infrastruktur faktor pendukung wisata yang tidak boleh diabaikan ialah standarisasi pelayanan wisatawan. 

“Standar pelayanan ini sangat penting agar setiap wisatawan yang datang memperoleh kesan yang baik sehingga tertarik untuk terus berkunjung ke Jogja bahkan memperpanjang masa kunjungan di kota ini,” katanya.

Oleh karena itu, imbuh Rifki, baik destinasi wisata, pedagang kuliner, oleh-oleh dan cinderamata, tukang becak, kusir andong serta semua pelaku wisata, harus memenuhi standar pelayanan yang disepakati bersama. Pembinaan dari OPD terkait pun perlu dilakukan secara berkesinambungan.

Menurutnya, tindakan nuthuk harga atau hal lain yang merusak citra kota wisata harapannya tidak terjadi. 

Selain itu tidak sedikit pula wisatawan yang berburu aneka kuliner ketika berkunjung di Kota Jogja. Baik kuliner khas Jogja maupun kuliner lain yang dijajakan oleh masyarakat. Sehingga keamanan dan kehalalan produk kuliner harus terjamin. 

“Seperti misalnya ada label halal yang tertera jelas. Bagi kuliner yang mengandung Babi pun harus ditonjolkan gambar hewan tersebut. Tidak sekadar bertuliskan ‘B1’ atau ‘B2’ supaya menjaga kenyamanan semua pihak,” urainya

Terkait potensi ekonomi di sektor industri pariwisata, Rifki yang duduk di Wakil Ketua Komisi B turut prihatin dengan angka gini ratio atau ketimpangan pendapatan warga yang masih tinggi. 

Apalagi gini ratio justru banyak ditemukan di wilayah yang menjadi pusat kunjungan wisatawan. Hal itu menunjukkan belanja wisatawan belum dirasakan merata oleh warga sekitar.

Dirinya pun berharap ada sentra-sentra UMKM yang dibangun di berbagai lokasi strategis guna memasarkan produk lokal. Di samping itu, kampung wisata yang dikelola masyarakat baik berupa stimulan bagi pengelola, fasilitasi atraksi wisata hingga pelibatan dalam berbagai promosi wisata. 

“Faktor pendukung wisata harus benar-benar diperhatikan secara serius supaya wisatawan semakin nyaman serta warga kota pun memperolah manfaat,” tandas Rifki. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment