News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

4.711 Peserta Ikuti UTBK di ISI Yogyakarta

4.711 Peserta Ikuti UTBK di ISI Yogyakarta


Rektor ISI Yogyakarta Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum memukul gong sebagai tanda dimulainya pelaksanaan UTBK di ISI Yogyakarta tepat pada pukul 07.15 WIB di Gedung Rektorat ISI Yogyakarta Selasa (18/5)

WARTAJOGJA.ID : ISI Yogyakarta sebagai salah satu perguruan tinggi seni negeri dipercaya untuk menjadi satu di antara penyelenggara UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) serentak secara nasional di seluruh Indonesia yang dimulai Selasa (17/5/2022)

Rektor ISI Yogyakarta Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum memukul gong sebagai tanda dimulainya pelaksanaan UTBK di ISI Yogyakarta tepat pada pukul 07.15 WIB di Gedung Rektorat ISI Yogyakarta. 

Pembukaan ini dihadiri oleh segenap jajaran pimpinan ISI Yogyakarta diantaranya adalah Pembantu Rektor I sekaligus Ketua Pusat UTBK ISI Yogyakarta, Pembantu Rektor II, Pembantu Rektor III, Dekan Fakultas Seni Rupa, Dekan Fakultas Seni Pertunjukan, Dekan Fakultas Seni Media Rekam, Direktur Program Pascasarjana, Para Kepala Biro, serta sejumlah panitia.

"Sebanyak 4.711 peserta mengikuti UTBK 2022 di Kampus Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Demi menjaga protokol kesehatan maka seluruh peserta akan terbagi dalam 21 sesi," ujar Agus Burhan.

Ditambahkannya, setiap sesi rata-rata diikuti 250 peserta yang terbagi dalam 12 lab komputer. 

"Seluruh sesi pelaksanaan UTBK tahun ini masih tetap menerapkan standar dan protokol kesehatan yang ketat meskipun kondisi pandemi yang sudah melandai," ujarnya.

Pelaksanaan UTBK di ISI Yogyakarta dirancang agar tidak menimbulkan kerumunan, menjaga jarak, mencuci tangan sebelum masuk ruang, dan menggunakan masker.

Selain menjalani cek suhu tubuh ketika akan memasuki ruang UTBK, para peserta wajib menunjukkan bukti telah divaksin lengkap melalui aplikasi peduli lindungi. Bagi yang belum divaksin lengkap (baru 1 kali vaksin) maka peserta wajib menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19 melalui tes rapid antigen yang berlaku 1 x 24 jam.

Sedangkan yang belum melakukan vaksin sama sekali harus menunjukkan surat keterangan negative Covid-19 melalui tes PCR yang berlaku 3 x 24 jam. 

Semua ini dilakukan dengan pengawasan panitia yang telah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Bantul.

Pelaksanaan UTBK 2022 tersebar di 7 gedung dengan memanfaatkan 12 lab komputer. UTBK 2022 di ISI Yogyakarta, terbagi dalam dua tahap. Tahap satu berlangsung dari tanggal 17 - 23 Mei dan tahap dua dari 28-31 Mei 2022. 

Peserta dapat memilih materi tes untuk kategori Saintek, Soshum ataupun dapat memilih materi tes untuk kategori Campuran.

Penyelenggaraan UTBK hari pertama dan hari terakhir dikhususkan bagi peserta tes yang memilih kategori Campuran yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik, Tes Bahasa Inggris, Tes Potensi Akademik Saintek dan dilanjutkan Tes Potensi Akademik Soshum.

Pelaksanaan UTBK hari pertama akan dimulai tepat pukul 07.15 WIB dan berakhir pukul 12.00 WIB.

Hari selanjutnya akan digunakan untuk tes kategori Saintek dan Soshum secara bersamaan dalam dua sesi yaitu sesi pagi dan sesi siang. 

Sesi pagi akan dimulai pukul 07.15 WIB sampai pukul 10.30 WIB. Sedangkan sesi siang akan dimulai tepat pukul 13.30 WIB dan berakhir pukul 16.45 WIB.

UTBK ini merupakan bagian dari seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). 

Peserta yang tidak lolos SBMPTN masih bisa mencoba peruntungan untuk mendaftar PTN melalui Jalur Mandiri.

Pada tahun akademik 2022/2023, ISI Yogyakarta akan menerima 1312 mahasiswa baru melalui tiga jalur, yaitu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN, dan Mandiri. Sebanyak 336 mahasiswa diterima melalui jalur SNMPTN, 481 mahasiswa melalui jalur SBMPTN, dan 495 mahasiswa melalui jalur Mandiri. 

Informasi lebih lanjut mengenai penerimaan mahasiswa baru bisa dilihat di www.isi.ac.id

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment