News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Yogya Siapkan Rambu Tambahan Cegah Pemudik Menumpuk Di Pusat Kota

Yogya Siapkan Rambu Tambahan Cegah Pemudik Menumpuk Di Pusat Kota


Ilustrasi Tugu Jogja (ist)

WARTAJOGJA.ID : Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menginstruksikan penambahan rambu-rambu penunjuk jalan agar pemudik lebaran ini tak menumpuk di pusat kota.

"Kami meminta pemerintah kabupaten mulai menyiapkan rambu-rambu tambahan bagi pemudik, agar mereka yang hanya melintas saja di Yogya tidak lewat tengah kota," kata Sultan 26 April 2022.

Yogyakarta sendiri memiliki sejumlah jalur jalan alternatif sehingga pemudik tak perlu melintas tengah kota yang padat lalu lintasnya. Antara lain jalur lingkar (ring road) utara dan selatan.  

Namun, ujar Sultan, seringkali pemudik tidak tahu jalan-jalan alternatif itu. Sehingga perlu adanya penambahan petunjuk arah.

Pada arus mudik libur lebaran ini, sebanyak 3,9 juta orang diperkirakan masuk ke DIY. Padahal jumlah penduduk Yogyakarta sendiri hanya sekitar 3,8 juta orang. Potensi kemacetan pun diprediksi sangat tinggi libur lebaran ini.

Sultan mendorong agar masyarakat yang memungkinkan bisa mudik lebih awal. Sehingga gelombang kedatangan para pemudik tidak bersamaan.

"Berdasarkan pengalaman, kondisi Yogyakarta saat Lebaran hari pertama cenderung sepi, namun baru mulai padat setelah lebaran hari ketiga untuk berwisata," kata dia.

Kapolda DIY Inspektur Jenderal Polisi Asep Suhendar mengatakan kepolisian dan pemerintah telah sejumlah menyiapkan jalur alternatif untuk mengurangi kepadatan yang ada. 

"Misalnya saja jalan masuk dari arah Solo dan Magelang, Jawa Tengah, ada banyak jalur alternatif bisa dilalui," kata dia. (Ban/Yok)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment