News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tak Diundang Sidang Isbat Kementerian Agama, PP Muhammadiyah Tak Ambil Pusing

Tak Diundang Sidang Isbat Kementerian Agama, PP Muhammadiyah Tak Ambil Pusing


PP Muhammadiyah (istimewa)

WARTAJOGJA.ID : Pimpinan  Pusat (PP) Muhammadiyah tak ambil pusing tahun ini organisasi itu tak diundang Kementerian Agama dalam sidang Sidang Isbat untuk menentukan awal Ramadan 1443 Hijriah/2022 Masehi.

"Muhammadiyah tidak diundang di sidang isbat wajar saja, karena sejak awal Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Ramadhan 1443 H itu," ujar Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Agung Danarto di sela pemberian ribuan takjil kepada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sabtu 2 April 2022.

Agung menjelaskan dengan situasi Muhammadiyah yang sudah menetapkan soal awal Ramadhan itu, maka diundang atau tidak diundang pemerintah juga tak akan mengubah keputusan itu.

" Muhammadiyah hadir atau tidak hadir tidak terlalu penting karena apapun keputusan dari isbat itu toh Muhammadiyah tetap dengan keputusannya dan pemerintah dengan keputusannya," kata Agung.

Menurut Agung Muhammadiyah sama sekali tidak ada masalah meskipun tahun tahun sebelumnya selalu diundang dalam sidang isbat itu.

"Ya baru kali ini tidak diundang, kami juga tak tahu apa latar belakangnya tidak diundang, tapi kami tidak merasa dinomorduakan," kata Agung.

Agung mengatakan perbedaan keputusan ini sebagai suatu konsekuensi yang wajar dengan pilihan metode yang diambil Muhammadiyah dalam penentuan awal Ramadhan.

"Kami sama sama sudah paham posisi masing-masing, perbedaan soal awal Ramadhan ini juga sudah terjadi berulangkali dan masyarakat muslim di Indonesia sudah biasa, jangan dipersoalkan," kata dia.

PP Muhammadiyah justru berpesan bagi masyarakat muslim di tanah air agar tetap menjalankan ibadah Ramadhan dengan baik dan menjaga bulan suci dengan tetap menumbuhkan semangat toleransi. (Dho/Ian)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment