News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ridwan Kamil Ingin Belajar dari Jogokariyan dalam Memakmurkan Masjid

Ridwan Kamil Ingin Belajar dari Jogokariyan dalam Memakmurkan Masjid


Ridwan Kamil sambangi Masjid Jogokariyan Rabu (6/4)

WARTAJOGJA.ID : Masjid Jogokariyan adalah salah satu masjid yang harum namanya di Yogyakarta. Masjid tersebut dikenal dengan program-program yang inovatif.
Berbagai program itu bisa mensejahterakan jamaah yang tinggal di sekitar masjid tersebut dengan cara-cara yang kreatif. 

Ketua Dewan Syura Masjid Jogokariyan, Yogyakarta, Muhammad Jazir ASP menyatakan dahulu jumlah Muzakki di Masjid Jogokariyan jumlahnya tidak sampai 10. Namun, jumlah itu bertambah berkali-kali lipat sekarang.

Jazir pun menjelaskan awal mula ia memulai program yang bisa mensejahterakan jamaah di Masjid Jogokariyan. Salah satunya adalah dengan melakukan kajian tentang harta.

"Dulu awalnya kami lakukan kajian tentang harta, kami bahas soal manfaat harta, fungsi harta, ujian dan cobaan dan tanggung jawab pada harta lalu masuk pada sedekah dan sebagainya," katanya, Rabu (6/4/2022) pagi.

Jazir pun mengatakan ia ingin jamaah Masjid Jogokariyan dan masyarakat sekitar menjadi mandiri. Hal itu yang membuat masjid yang terletak di Kecamatan Mantrijeron itu memberikan bantuan modal usaha kepada para jamaah.

"Kami juga mendorong jamaah untuk berusaha, jadi kas masjid itu kami gunakan untuk modal usaha jamaah. Program kami adalah mengubah Mustahik menjadi Muzakki," jelasnya.

"Kami juga melihat ketika ibadah jamaah itu bagus, muamalahnya juga bagus," sambung Jazir.

Gubernur Jawa Barat yang hadir di Masjid Jogokariyan, Rabu (6/4/2022) subuh lalu sangat terkesan dengan sistem pengelolaan dan program yang ada di masjid tersebut.
Kang Emil merasa kekompakkan jamaah di Masjid Jogokariyan sangat luar biasa.

"Menandakan muamalahnya Jogokariyan luar biasa, karena kekompakan dan juga konsep yang ada di sini sangat baik," ujarnya.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil menyebut di Jawa Barat ada lebih dari 100 ribu masjid. Ia berharap setelah pulang ke Jawa Barat nanti bisa membawa oleh-oleh yang berguna dari Jogokariyan.

"Semoga nanti saya bawa oleh-oleh dari Jogokariyan untuk pengelolaan masjid di Jawa Barat agar bisa jadi lebih baik," harapnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment