News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Libur Lebaran Di Candi Borobudur-Prambanan Lebih Seru Karena Tiga Program Ini

Libur Lebaran Di Candi Borobudur-Prambanan Lebih Seru Karena Tiga Program Ini


Wisatawan menikmati dinner Candi Prambanan

WARTAJOGJA.ID : Masa libur lebaran kian dekat.

Bagi wisatawan, jangan sampai melewatkan sejumlah program wisata seru ketika menyambangi Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko.

Setidaknya ada tiga program menarik yang disiapkan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (PT TWC) untuk memanjakan wisatawan pada libur lebaran kali ini.

"Pertama, wisatawan dapat menikmati kawasan Taman Wisata Candi Borobudur dan Candi Prambanan dengan berkeliling menaiki electrical vehicle (kendaraan listrik) yang disediakan," kata Hetty Herawati, Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT TWC Senin petang 25 April 2022.
 
Dengan adanya moda listrik itu, wisatawan khususnya yang sudah lanjut usia dan anak anak bisa lebih nyaman berkeliling menjelajahi area candi tanpa khawatir kelelahan.

Yang kedua, Hetty mengatakan pihaknya juga menyiapkan Paket EduKriya Go Green di Taman Wisata Candi Borobudur. 

Paket EduKriya Go Green ini semacam fasilitas bagi wisatawan mendapat pengalaman langsung dalam proses pembuatan kerajinan souvenir Candi Borobudur dari bahan utama berasal dari sampah plastik. 

"Bahan itu dikombinasi dengan bahan ramah lingkungan lainnya seperti pasir, serbuk bata merah, tepung kanji dan air," kata Hetty.

Yang ketiga, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas drinking fountain di beberapa titik di Taman Wisata Candi Borobudur. Jadi pengunjung yang kehausan saat menjelajah kawasan candi itu bisa minum sepuasnya di titik yang disediakan.

Direktur Utama PT TWC Edy Setijono mengatakan progran wahana yang disiapkan menyambut libur lebaran ini menjadi bagian terobosan PT.TWC yang tengah gencar kampanye Sustainable Tourism. 

"Kampanye tersebut diturunkan menjadi Green Tourism yang di dalamnya terdapat beberapa program," kata dia.

Green tourism ini untuk menyampaikan pesan kepada wisatawan pentingnya menjaga harmonisasi kelestarian cagar budaya dan alam, saat berkunjung ke destinasi Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Kraton Ratu Boko.   
 
Destinasi TWC Borobudur dan Prambanan memperpanjang jam operasional pelayanan wisatawan selama masa Lebaran 2022, mulai pukul 07.00 - 17.00 WIB. 

Sedangkan untuk TWC Ratu Boko, jam operasional pelayanan wisatawan ditetapkan pukul 08.00 - 18.00.

PT TWC memprediksi kenaikan jumlah kunjungan wisatawan selama masa Lebaran 2022 kali ini. Hal ini didukung adanya Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri yang menyatakan jadwal cuti bersama Lebaran 2022 dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. 

Selain itu, tingkat pemulihan pandemi yang pesat melalui program vaksinasi yang masif dilakukan, mendorong percepatan pemulihan dunia pariwisata, terutama bagi destinasi TWC.   
 
"Jumlah wisatawan diprediksi mulai terjadi pada 27 April 2022 (H-4) sampai 10 Mei 2022 (H+8 lebaran)," kata Edy. (Usd/Yan)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment