News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

IKDKI Yogyakarta Siap Mengabdi  

IKDKI Yogyakarta Siap Mengabdi  


Pengurus Wilayah IKDKI Yogyakarta periode 2022-2027 dilantik dan dikukuhkan

WARTAJOGJA.ID : IKDKI (Ikatan Dosen Katolik Indonesia) didirikan pada 23 November 2019 dalam seminar tahunan Komisi Pendidikan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), dilanjutkan dengan pembentukan pengurus, dan melaksanakan sejumlah kegiatan.

IKDKI mengusung semangat mumpuni dan melayani, serta berperan aktif dalam pengembangan dosen untuk mendukung Indonesia Jaya. Untuk diketahui, IKDKI telah mempunyai website https://www.ikdki.org/.

Sampai saat IKDKI Wilayah yang sudah terbentuk adalah Sumatera, Kalimantan, Sulsel/Sulbar/Sultra, Sulut/Sulteng/Gorontalo, Maluku, Papua, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta. 

Untuk Pengurus Wilayah IKDKI Yogyakarta periode 2022-2027 telah dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat IKDKI Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan, ST, MT (Sabtu, 02/04/22). Pelantikan dilakukan secara hybrid, baik secara daring (via zoom) dan luring di Wisma Paroki Mahasiswa Yogyakarta.

Secara statistik, Dosen Katolik di Indonesia jumlahnya relatif kecil khususnya  PTN atau PTS non-Katolik. 

“Dosen Katolik ini membutuhkan dukungan dan informasi, khususnya dalam hal tata cara mencapai jenjang akademik”, jelas  Prof. Agustinus yang juga Rektor Universitas Tarumanagara Jakarta. Selanjutnya Ketua Umum IKDKI menjelaskan bahwa IKDKI hadir sebagai wadah untuk saling berkolaborasi.

“Saya berharap semakin banyak dosen yang bergabung memperkokoh persaudaraan, pelayanan, dan pengembangan berkelanjutan bagi semua dosen anggota dalam wadah IKDKI”, harap Agustinus.

“Kami segenap Pengurus Wilayah IKDKI Yogyakarta siap mengemban tugas dan menjalankan tugas sesuai dengan AD/ART IKDKI”, tegas Romo Dr. Bernardus Agus Rukiyanto, SJ selaku Ketua Wilayah IKDKI Yogyakarta. Menurut Romo Ruki, Langkah awal yang dilakukan akan segera Menyusun program kerja tahun 2022. 

Program kerja yang disusun nantinya tetap mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan/Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. “Program kerja yang kami susun akan disinergikan dan dikolaborasikan dengan pemangku kepentingan, khususnya perguruan tinggi dan organisasi Katolik di Yogyakarta”, jelas Ketua Wilayah IKDKI Yogyakarta.

“Kami menyambut baik berdirinya IKDKI di tingkat pusat dan daerah, termasuk di Yogyakarta”, tegas MY Esti Wijayati (Anggota Komisi X DPR RI). Selanjutnya Esti berharap program kerja IKDKI dapat disinergikan dengan program-program pemerintah pusat dan daerah termasuk DPR dan DPRD. 

“Anggota IKDKI juga harus menjadi dosen yang 100% Katolik dan 100% Indonesia”, harap anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan DIY tersebut. Esti menyatakan siap untuk diajak berkomunikasi jika ada beberapa hal dianggap penting untuk perkembangan IKDKI.

Acara pelantikan dan pengukugan tersebut dihadiri oleh beberapa pengurus pusat, perwakilan pengurus daerah, serta perwakilan dosen katolik yang mengabdi di PTN/PTS di Yogyakarta. Bagi dosen Katolik yang tinggal di DIY dan berminat bergabung menjadi anggota IKDKI Yogyakarta dapat mengontak  Gregorius Sahdan, S.IP, MA (WA: 0852 5336 8530). (***)
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment