News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Fakultas Ekonomi Widya Mataram Pendampingan UMKM

Fakultas Ekonomi Widya Mataram Pendampingan UMKM


Fakultas Ekonomi Widya Mataram Pendampingan UMKM

WARTAJOGJA.ID : Fakultas Ekonomi, Universitas Widya Mataram telah menyelesaikan pengabdian masyarakat di UP2K Kelurahan Gedongkiwo, Kota Yogyakarta. Fakultas ekonomi yang dalam hal ini diwakili oleh Bangun Putra Prasetya,S.E.,M.Sc.,MM atau biasa disapa Bangun dan Kristiana Sri Utami,S.E.,M.M yang biasa disapa Kris melakukan pengabdian masyarakat sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Darma perguruan tinggi bersama dengan Ibu-Ibu PKK yang tergabung dalam UP2K Kelurahan Gedongkiwo.

Pada pengabdian masyarakat tersebut diawali dengan pemaparan oleh Kris terkait manajemen UMKM khususnya pada proses pengemasan. Hal ini didasarkan pada salah satu kelemahan UMKM dalam pemasaran yaitu pada sektor pengemasan yang dapat menarik perhatian calon konsumen.

Setalah itu pada minggu berikutnya dilakukan pelatihan pemasaran digital oleh Bangun. Pada kesempatan ini Bangun menggunakan dua hal dalam pengabdian masyarakat yaitu dengan penguasaan lebeling produk yang dilanjutkan dengan pelatihan pemasaran digital bagi ibu-ibu pelaku UMKM yang tergabung UP2K Kelurahan gedongkiwo.


Fakultas Ekonomi Widya Mataram Pendampingan UMKM

Diharapkan dengan pengabdian masyarakat ini yang menjadi bagian dari Tri Darma Perguruan tinggi mampu bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mengembangkan ekonomi berbasis kewilayahan. Sehingga kedepannya diharapkan mampu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menjadi duta produk unggulan wilayah.

Bangun dan Kris dalam pendampingan selanjutnya kepada masyarakat khususnya pelaku UMKM UP2K Kelurahan gedongkiwo akan dilakukan tindak lanjut atas pendampingan sebelumnya khususnya dalam pengembangan produk unggulan wilayah berbasis kelurahan.

Berkaitan dengan pengembangan UMKM berbasis wilayah tidak serta merta dapat dilakukan secara mandiri. Tetapi perlu dilakukan kolaborasi antara media, akademisi, pemerintah serta semua stakeholder. Dengan adanya sinergisitas dari semua pihak akan semakin cepat mewujudkan UMKM naik kelas serta mendorong terwujudnya ekonomi wilayah yang berdaya saing sesuai dengan RPJMD Kota Yogyakarta. (Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment