News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Beri Rasa Aman Pemudik di Jalur Rawan, Pemuda Pancasila DIY Sebar Personil

Beri Rasa Aman Pemudik di Jalur Rawan, Pemuda Pancasila DIY Sebar Personil


Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY, Faried Jayen Soepardjan

WARTAJOGJA.ID: Libur lebaran hampir tiba dan gelombang pemudik mulai berdatangan akhir pekan ini.

“Kami mendapatkan data dari Ditlantas Polda DIY, masih ada titik-titik yang rawan seperti minim penerangan dan rambu. Kami selaku salah satu organisasi masyarakat ingin membantu mengamankan perjalanan para pemudik khususnya yang melintasi wilayah DIY,” ungkap Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY, Faried Jayen Soepardjan, Kamis (28/4/2022). 

Jayen mengungkap dengan kegiatan ini pihaknya ingin menegaskan kehadiran mereka membawa manfaat untuk masyarakat yang tahun ini bisa merasakan bertemu keluarga setelah dua tahun dikekang pandemi Covid-19.

"Jadi anggota-anggota di setiap PAC khususnya yang tempat tinggalnya dilalui jalur jalur minin penerangan dan rawan itu kami minta turut memantau situasi, demi keamanan para pemudik sampai di rumah masing masing," kata dia.

Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY, Faried Jayen Soepardjan mengatakan pihaknya mendapatkan informasi adanya jalur-jalur rawan di DIY seperti di Sleman, Bantul, Gunungkidul dan Kulonprogo yang akan dilintasi pemudik. 

Ruas-ruas jalan masih minim penerangan juga rambu lalu-lintas yang mungkin akan menyusahkan para pemudik. 

MPW Pemuda Pancasila DIY menurut Faried sudah memerintahkan MPC di kabupaten/kota untuk bergerak berkoordinasi dengan pemangku kebijakan setempat. Anggota siap ditempatkan untuk membantu memberikan rasa aman dan nyaman di jalur-jalur mudik atau wisata. 

“Di satu sisi kami ingin membawa manfaat untuk masyarakat, namun di sisi lain kami juga ingin membuktikan bahwa Pemuda Pancasila adalah organisasi masyarakat yang memberi, bukan meminta-minta seperti yang dilakukan beberapa oknum yang juga sudah ditindak tegas oleh Ketua Umum kami,” sambungnya. 

Sebelumnya, Dirlantas Polda DIY, Kombes Polisi Iwan Saktiadi mengatakan ada beberapa jalur di DIY yang masih minim penerangan seperti Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS) di Gunungkidul juga ruas alternatif Tempel-Klaten yang masih minim rambu lalu-lintas. Polisi berharap para pemudik atau wisatawan yang melintas berhati-hati serta menaati himbauan petugas di lapangan. 

Selain jalur rawan, diketahui ada beberapa potensi kepadatan lalu-lintas saat wisata libur Lebaran seperti di Gunungkidul, Bantul, Sleman dan Kota Yogyakarta. Polisi mempersiapkan rekayasa lalu-lintas mulai buka tutup, one way hingga kemungkinan penerapan ganjil genap kendaraan. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment