News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Update Lur! PKL Malioboro Akhirnya Bedol Deso Ke Lokasi Baru, Ini Foto-Fotonya

Update Lur! PKL Malioboro Akhirnya Bedol Deso Ke Lokasi Baru, Ini Foto-Fotonya


Para PKL Malioboro mulai pindahan ke eks Lahan Bioskop Indra Selasa (1/2).

WARTAJOGJA.ID:  Para pedagang kaki lima (PKL) Malioboro khususnya yang berjualan di sisi barat jalan, ramai ramai bedol deso atau pindah beramai ramai ke lokasi relokasi baru di eks lahan Bioskop Indra Selasa pagi 1 Februari 2022. 

Pantauan WartaJogja, di lokasi baru bernama Teras Malioboro 1 itu, para PKL memboyong dagangannya dengan berbagai cara dan moda. Mulai dari mengangkutnya dengan becak, sepeda motor, gerobak, sampai mobil pick up.

"Hari ini sebagian PKL sudah mulai pindahan, sebenarnya sudah sejak kemarin, tapi ini yang lebih besar jumlahnya," kata Ketua Paguyuban PKL Malioboro, Pelmani, Slamet Santoso ditemui di sela boyongan.


Para PKL Malioboro mulai pindahan ke eks Lahan Bioskop Indra Selasa (1/2).


Dari Pelmani sendiri ada 431 pedagang yang mendapat jatah di lokasi itu. Namun secara keseluruhan lokasi itu diperuntukkan untuk hampir 800 PKL yang terhimpun dalam 9 komunitas.

Slamet menuturkan, jadwal resmi pindahan lapak itu memang 1 Februari. Sebab dari Pemerintah Kota Yogyakarta juga telah menerbitkan peraturan walikota yang intinya melarang berbagai aktivitas kaki lima di sepanjang trotoar jalan itu per Selasa ini.

"Kami pindahan secara bertahap, dengan target seluruhnya (PKL) sisi barat sudah pindah semua pada 7 Februari nanti," kata dia.

Slamet membeberkan dari pengalaman pertama PKL yang lebih awal menempati lapak baru yang lokasinya persis di seberang Pasar Beringharjo itu, memang belum sesuai yang diharapkan.

Para PKL Malioboro mulai pindahan ke eks Lahan Bioskop Indra Selasa (1/2).


"Ya memang masih sepi kunjungan, tapi ketika wisatawan tahu lorong trotoar sudah tak ada yang jualan, mereka ke sini," kata dia.

Adapun dengan sudah disediakannya lapak lapak di area relokasi itu membuat gerobak para PKL yang selama ini jadi tempat display sekaligus mengangkut barang banyak yang tak terpakai lagi.

"Teman teman sudah mulai menjual gerobaknya, atau dilelang, dengan harga mulai Rp 1 juta per gerobak," kata Slamet. 

Satu profesi yang turut terdampak dari relokasi ini yakni para penyedia jasa pendorong gerobak PKL. Sebab kini para PKL tak perlu pendorong gerobak lagi dengan lapak lebih permanen yang disediakan.

"Untuk para pendorong gerobak itu diserahkan ke masing masing PKL maunya seperti apa," kata dia.

Belum semua PKL Malioboro pindahan. Sepanjang lorong trotoar sisi timur misalnya, nyaris tak ada lapak kosong alias hampir semua PKL masih menggelar dagangannya seperti biasa.


Para PKL Malioboro mulai pindahan ke eks Lahan Bioskop Indra Selasa (1/2).

Pemandangan sisi timur ini cukup kontras dengan suasana lorong trotoar sisi barat yang hanya nampak gerobak gerobak PKL tanpa gelaran lapak.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi menuturkan sebenarnya sejak akhir Januari 2022 sepanjang lorong troroar Malioboro musti sudah bersih dari PKL.

"Para PKL masih berproses, pemindahan dilakukan bertahap mulai hari ini. Mereka menata dulu sehingga ada yang gerobaknya masih di trotoar, tidak masalah," kata dia.

Srie mengatakan total ada 1.800 lebih PKL Malioboro yang direlokasi baik di Teras Malioboro 1 dan 2 dengan target awal Februari ini rampung. (Gun/Dia)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment