News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Genjot Peningkatan Keterampilan Digital UMKM Lokal, Kampus UMKM Shopee Ke-5 Hadir di DI Yogyakarta

Genjot Peningkatan Keterampilan Digital UMKM Lokal, Kampus UMKM Shopee Ke-5 Hadir di DI Yogyakarta

Kampus UMKM Shopee Ke-5 Hadir di DI Yogyakarta
WARTAJOGJA.ID : Shopee dan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) hari ini meresmikan Kampus UMKM Shopee Daerah Istimewa Yogyakarta, yang menjadi kampus kelima Shopee di Indonesia. 

Didirikan sebagai bentuk kelanjutan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, kampus ini mempermudah akses digitalisasi untuk para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dalam satu tahun terakhir jumlahnya terus meningkat. Kampus ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan UMKM DIY untuk mengembangkan bisnis secara digital, dan bisa bersaing.

Dalam sambutan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X yang dibacakan oleh Bapak Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Paduka Paku Alam X, Pemda DIY menyampaikan apresiasi atas sinergi, realisasi, dan implementasi Shopee dalam mendukung UMKM DIY. 

“Di tengah pandemi Covid-19, UMKM merupakan penggerak perekonomian DIY yang didominasi industri mikro dan kecil sebesar 98,4%, serta penyerapan tenaga kerja yang mencapai 79%. Hadirnya Kampus UMKM Shopee ini dapat menjembatani kebutuhan UMKM DIY dalam mempermudah dan mempercepat digitalisasi UMKM DIY di tengah banyaknya produk luar yang membanjiri pasaran Indonesia dan DIY. Besar harapannya, Shopee dapat bersinergi dengan SiBakul Jogja dalam membantu perkembangan ratusan ribu UMKM DIY, sekaligus meningkatkan daya serap tenaga kerja di DIY untuk turut dalam mempercepat pemulihan ekonomi daerah dan nasional.”

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta, Srie Nurkyatsiwi juga menyampaikan, 

“Di tahun 2022 ini, kami ingin membangkitkan kembali semangat lebih dari tiga ratus ribu pelaku usaha UMKM DIY yang terus meningkat secara signifikan berdasarkan data Sibakul Jogja. Oleh karena itu, Dinas Koperasi dan UKM DIY bersama Shopee, memberikan solusi nyata melalui program edukasi dari hulu ke hilir sehingga mampu meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan menjadi inspirasi bagi UMKM lokal untuk tetap tangguh di era 4.0 ini. Harapannya, Kampus UMKM Shopee ini dapat memberikan pembinaan kepada lebih dari ribuan pelaku usaha dan dapat menjadi ajang komunikasi, bisnis, informasi, diskusi sekaligus menjalin komitmen bersama antara UMKM sendiri maupun UMKM dengan konsumen.”

Head of Government Relations Shopee Indonesia, Balques Manisang menegaskan komitmen jangka panjang Shopee untuk UMKM Indonesia. “Kami memahami bahwa keterampilan digital yang mumpuni menjadi salah satu tantangan bagi UMKM lokal untuk mengembangkan bisnis mereka. Oleh karena itu, setelah hadir di Solo, Bandung, Semarang, dan Jakarta, Shopee membuka kampus kelima di DIY. 

Kampus ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak UMKM di wilayah DIY agar dapat naik kelas dengan mudah melalui penerapan literasi digital, bahkan sesederhana memaksimalkan penjualan melalui smartphone. Kami berterima kasih kepada Pemda DIY atas kepercayaan, dukungan dan sinergi yang diberikan untuk dapat bersama-sama mendukung UMKM di DIY melalui Kampus UMKM Shopee ini.”

Kampus UMKM Shopee DIY memberikan kesempatan kepada para UMKM untuk mendapatkan pendampingan melalui sesi belajar, konsultasi, dan pelatihan yang diberikan dari berbagai fasilitas penunjang yang tersedia secara gratis, di antaranya adalah edukasi bagi UMKM: Pelaku UMKM dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti berbagai kelas yang akan diberikan oleh mentor terdedikasi. Kelas-kelas tersebut mencakup pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, pengaturan pengiriman dan pengelolaan seller centre, pengembangan usaha, fitur-fitur penunjang bisnis yang disediakan oleh Shopee, serta bagaimana cara mengoptimalisasi sistem pemasaran secara digital melalui pendanaan modal dari Shopee.

Kemudian pendampingan bisnis bagi UMKM: Trainer Shopee disediakan sebagai perpanjangan tangan dari para pelaku UMKM dalam pendampingan bisnis terkait edukasi dan pelatihan mengenai administrasi dan operasional toko hingga peningkatan performa bisnis.

Juga fasilitas pendukung performa bisnis UMKM: Dalam turut menunjang bisnis dari pelaku UMKM, Shopee menghadirkan berbagai fasilitas pendukung yang meliputi ruangan training, ruangan rapat, studio foto, ruangan live streaming, pusat edukasi dan simulasi sistem gudang, dan area pameran. Salah satu fasilitas terbaru yang saat ini hadir di Kampus UMKM Shopee Daerah Istimewa Yogyakarta adalah coworking space, sebagai area bersama yang dapat digunakan para UMKM untuk bertukar pikiran dan berbagi informasi terkait keterampilan digital.

“Peningkatan keterampilan digital menjadi prioritas utama dalam upaya digitalisasi, khususnya bagi UMKM lokal. Kampus ini diharapkan dapat menjadi one-stop services bagi UMKM untuk mengembangkan potensi dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan digitalisasi,” tutup Balques. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment