News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bantu Pemulihan Pandemi Covid 19, Tim KKN UMBY Sosialisasi di BUMDes Mekar Jaya Selopamioro  

Bantu Pemulihan Pandemi Covid 19, Tim KKN UMBY Sosialisasi di BUMDes Mekar Jaya Selopamioro  


Kegiatan pengolahan sampah yang turut dilakikan tim KKN UMBY bersama BUMDes Mekar Jaya (dok.UMBY)

WARTAJOGJA.ID: Pada 12 Februari 2022 pagi hari tepat pukul 08.00 WIB, rombongan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta menyelenggarakan acara di Balai Desa Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Mereka adalah peserta KKN Kelompok 54 UMBY yang mendapat mandat mengabdi di BUMDes Mekar Jaya Selopamioro tersebut. Beranggotakan 11 mahasiswa, 

Nanda Riski Ilahi dipercaya sebagai ketua. 

Dikemas secara sederhana pembukaan dihadiri oleh mahasiswa KKN 54 UMBY, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) bapak Didiet Heru Swasono, Kepala Desa dan Perangkat Desa. 

Purwanto selaku Perangkat Desa menuturkan supaya mahasiswa menjadi bagian dari masyarakat. Mahasiswa berbaur dengan masyarakat sekitar, seperti saling menyapa dan silaturahmi.
Untuk membantu pemulihan BUMDes yang sempat terbengkalai selama pandemi Covid 19, tepatnya pada 12 Februari 2022. 

Tim KKN Kelompok 54 UMBY memiliki 3 rangkaian kegiatan yang bertujuan meng optimalisasikan operasional BUMDes Mekar Jaya yang sempat macet.

Diantaranya kegiatan pertama yang bertajuk  “Pengolahan Sampah Menjadi Barang Siap Jual “ yang dibawakan oleh Bapak Yebi Yuriandara,ST.,M.Eng beliau selaku Co Founder Project B Indonesia dan Dosen Teknik UII.

Tak cukup sampai disitu, kegiatan kedua yang bertajuk “ FGD BUMDes” yang dibawakan oleh Bapak Didiet Heru Swasono selaku DPL KKN Kelompok 54 UMBY ini mendapat tanggapan positif dari  kasi perangkat desa dan audiensi.

Dalam konvers FGD BUMDes Mekar Jaya bersama tim KKN 54 UMBY dan warga desa optimis dalam memberikan regulasi dan eksekusi terkait program yang akan disosialisasikan secara efektif, sehingga harapan untuk program tersebut dapat terwujud serta mampu meningkatkan value ekonomi dari kawasan wisata alam. 

Menurut Didiet Heru Swasono mengutarakan terkait desa Selopamioro memiliki potensi dalam meningkatkan peluang usaha dalam sektor wisata alam. 

Pengembangan pariwisata alam di kawasan desa Selopamioro masih tergolong alami, beliau memberikan arahan agar warga desa mengeksplorasi tempat - tempat yang bisa dikembangkan. Tujuan ini bermaksud agar kedepannya pengurus BUMDes Mekar Jaya dapat mengenalkan potensi alam yang indah dan diminati oleh wisatawan lokal maupun interlokal.

Selain membahas perencanaan terkait pengembangan tempat wisata alam, tim KKN 54 UMBY telah melakukan sebagian promosi baik berupa video atau pun foto yang diunggah di beberapa platform sosial media seperti Instagram, Youtube, dan TikTok. 

Harapan dari kegiatan yang dilakukan tim KKN 54 dapat memberikan nuansa baru bagi pengurus BUMDes Selopamioro nantinya. Dalam memperluas jejaring tempat wisata secara digital, Tim KKN 54 UMBY saling bekerja sama dengan warga desa dalam memberikan slogan/hastag #selopamioromaju agar nantinya masyarakat luar dengan mudah mencari desa Selopamioro. 

Selain itu kegiatan ditutup dengan kegiatan terakhir yaitu “Sosialisasi Koperasi” yang dibawakan oleh Ibu Nuning Agustina Ambarsari SE, MM yang membawakan materi sosialisasi bagaimana koperasi berjalan, apa kiat kiatnya dan banyak hal menarik lainnya.

Ketiga kegiatan ini mendapat respon postif dari Kepala Desa setempat Bapak Sugeng .

“Kegiatan yang diadakan oleh teman teman KKN 54 UMBY ini tentunya sangat bermanfaat bagi saya dan bapak ibu yang hadir, memang kemarin BUMDes Mekar Jaya sempat pasif, jadi adanya kegiatan ini membuat referensi dan menambah pengetahuan kita semua untuk lebih melek ke dunia BUMDes agar semua potensi dapat semaksimal mungkin”. (Ard/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment