News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

1.000 Lebih Kasus Baru Per Hari, Selter Covid-19 Desa Yogya Diaktifkan Penuh

1.000 Lebih Kasus Baru Per Hari, Selter Covid-19 Desa Yogya Diaktifkan Penuh



WARTAJOGJA.ID : Penularan harian Covid-19 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sepanjang pekan ini nyaris terus stabil di atas angka 1.000 kasus baru per harinya.

Empat hari terakhir, sejak Selasa hingga Jumat, 15-18 Februari 2022, kasus baru harian yang ditemukan berturut-turut 1.402 kasus, 1.476 kasus, 1.531 kasus dan 1.633 kasus.

"Keterisian ranjang kritikal 22,19 persen dan non kritikal 32,92 persen," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 DIY Berty Murtiningsih Jumat. 

Pada Jumat ini, DIY mencatat pula lima kasus kematian baru terkonformasi Covid-19. 

Lonjakan yang makin merata di lima kabupaten/kota itu membuat shelter shelter isolasi di pedesaan ikut kembali diaktifkan penuh. Guna menampung pasien positif tanpa gejala atau gejala ringan. 

Di Kabupaten Bantul, misalnya, yang kasus baru hariannya menyumbang terbanyak kedua di DIY, mengaktifkan shelter-shelter pedesaan.

Salah satu shelter di Kabupaten Bantul yang mulai beroperasi penuh di Desa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro yang memanfatkan gedung penelitian pengembangan (litbang) desa itu untuk karantina warga terpapar.

"Gedung Litbang Desa Sumbermulyo kami aktifkan lagi setelah sempat tutup lama ketika kasus menurun September 2021 silam," kata Ani Widayani, Lurah Desa Sumbermulyo Bantul Jumat (18/2).

Dua tahun silam saat awal pandemi merebak, gedung ini pula yang pertama kali digunakan untuk pusat karantina warga yang terpapar Covid 19 di selatan Bantul.

"Saat kasus melonjak kembali sekarang, kami sudah menampung lima pasien positif Covid 19, yang menjalani karantina sejak Kamis kemarin," kata dia.

Operasionalisasi shelter itu, untuk menyaring dan antisipasi agar rumah sakit rumah sakit yang ada tak cepat membeludak dan hanya menangani yang bergejala sedang- berat.

Pengawasan shelter Sumbermulyo itu sendiri ditangani Satgas Covid 19 Desa Sumbermulyo di bawah pengawasan Puskesmas Bambanglipuro Bantul.

Sedangkan untuk kebutuhan makan minum untuk warga isolasi ditangani oleh masyarakat dalam bentuk donasi.

"Untuk menangani shelter dilakukan secara bersama, pemerintah desa menyediakan tempat, penanganan di shelter oleh Satgas Covid 19 dan untuk kebutuhan pasien isolasi oleh masyarakat," kata dia. (Rya/Den)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment