News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hibah Sekolah Tk Swasta Naik, DPRD Kota Jogja: Pemkot Bisa Segera Cairkan

Hibah Sekolah Tk Swasta Naik, DPRD Kota Jogja: Pemkot Bisa Segera Cairkan


Muhammad Ali Fahmi

WARTAJOGJA.ID: Dana bantuan untuk sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) swasta tahun sebelumnya dianggarkan Rp 15 juta/lembaga, pada tahun 2022 dinaikkan menjadi Rp 20 juta untuk setiap TK swasta. 

Terdapat 217 TK swasta se-Kota Yogyakarta yang akan menerima bantuan hibah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Yogyakarta tahun ini.

Muhammad Ali Fahmi, SE, MM selaku Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Yogyakarta menyampaikan bahwa dalam pembahasan APBD Kota Yogyakarta Tahun 2022 bersama Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), anggaran hibah TK swasta itu berhasil dinaikkan menjadi Rp 4,340 milyar untuk 217 lembaga. 

"Tahun sebelumnya hanya teranggarkan Rp 3,255 milyar di APBD sehingga hibah tahun 2022 naik sebesar Rp 1,085 milyar," kata Fahmi Rabu (12/1/2022).

Menurut Fahmi yang juga Anggota Fraksi PAN, kenaikan anggaran hibah ini akan sangat dirasakan manfaatnya bagi pengelola TK swasta mengingat pandemi covid-19 sudah berlangsung 2 tahun yang berdampak besar terhadap keberlangsungan penyelenggaraan pendidikan di usia dini/TK. 

"Pemasukan dana terbatas dan jumlah penerimaan siswa relatif berkurang terjadi di hampir seluruh TK swasta karena tidak termasuk wajib belajar 12 tahun," kata dia.

Untuk itu, Fahmi mendesak agar Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta segera mencairkan bantuan hibah untuk TK swasta karena akan sangat dirasakan manfaatnya oleh pengelola TK swasta.

"Sehingga dapat membantu tambahan pembiayaan terutama untuk operasional sekolah, pembayaran gaji, peningkatan kesejahteraan guru/karyawan dan keperluan lainnya," tutur Fahmi. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment