News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

H-1 Relokasi Malioboro, PKL Kuliner: Ayo Pesan Yang Banyak, Besok Pindah Jauh

H-1 Relokasi Malioboro, PKL Kuliner: Ayo Pesan Yang Banyak, Besok Pindah Jauh

 

Para PKL Malioboro tetap berjualan seperti biasa Selasa (25/1/2022)

WARTAJOGJA.ID: Para pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Malioboro tetap beraktivitas seperti biasa pada Selasa 25 Januari 2022 atau H-1 rencana relokasi mereka ke tempat baru mulai Rabu 26 Januari 2022.

Lapak-lapak PKL baik sisi barat maupun timur nyaris tak ada yang libur meski kunjungan wisata siang itu sedang landai.

Seorang pedagang soto di depan kawasan DPRD DIY atau bagian sisi utara Malioboro, Londo, menuturkan ia mulai Rabu memang sudah tak berjualan lagi.

“Saya sudah dapat salah satu lapak di eks Bioskop Indra,” ujar pria yang warungnya di hari biasa menjadi langganan para pekerja toko di kawasan Malioboro ketika jam istirahat tiba itu.

Eks lahan Bioskop Indra yang menjadi salah satu tempat relokasi jaraknya cukup jauh dari posisi pedagang soto itu karena ada di ujung selatang Malioboro.

Pria asal Kabupaten Gunungkidul itu bercerita, ia mendapat lapak baru dengan lebar sekitar separo dari gerobak sotonya yang biasa dipakai berjualan. “Hanya segini lapaknya,” ujarnya sembari membentangkan tangannya selebar sekitar satu meter memberi gambaran.

Dengan kondisi lapak baru itu, ia membayangkan akan kesulitan berjualan soto seperti ketika di trotoar Malioboro. “Mungkin harus pakai kompor arang jualannya, bukan gerobak, tidak tahu nanti apa bisa (menyesuaikan),” kata Londo yang mengaku tak dipungut biaya alias gratis untuk jatah lapak baru relokasi itu.

Meski demikian, Londo hanya pasrah menuruti kemauan pemerintah untuk direlokasi bersama hampir 2.000 PKL lain karena tak ada pilihan lain. Ia hanya ingin memanfaatkan hari terakhirnya di Malioboro mendapat pesanan soto sebanyak-banyaknya.

“Ayo pesan yang banyak, besok sudah pindah jauh lho,” kata dia kepada para pelanggannya.

Pemerintah DI Yogyakarta sendiri berkukuh tak akan menunda lagi relokasi yang akan dimulai Rabu 26 Januari 2022.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X (HB X) kembali menegaskan bahwa lokasi yang ditempati PKL di Malioboro selama ini bukan diperuntukkan bagi mereka.

“Lahan (jualan PKL) itu bukan milik mereka, melainkan milik pertokoan dan pemerintah, bukan untuk fasilitas kaki lima. Saya sudah menunggu 17 tahun jadi tak perlu lagi mundur 3 tahun,” kata Sultan dalam pernyataannya kepada wartawan Selasa. (Rls/Cak)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment