News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

ISI Yogyakarta dan TWC  Pentaskan Pagelaran bertajuk Asah Asih Asuh

ISI Yogyakarta dan TWC  Pentaskan Pagelaran bertajuk Asah Asih Asuh


Pertunjukan bertajuk “Asah Asih Asuh Masuh Remusuh” pada hari Minggu 19 Desember 2021, pukul 10.00 sampai dengan 11.30 WIB. 

WARTAJOGJA.ID  : Institut Seni Indonesia Yogyakarta bekerjasama dengan Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko (Persero) mementaskan Pertunjukan Kolasal bertajuk “Asah Asih Asuh Masuh Rerusuh” pada hari Minggu 19 Desember 2021, pukul 10.00 sampai dengan 11.30 WIB. 

Pagelaran seni ini  dipentaskan di Taman Lumbini, Taman Wisata Borobudur.  

Pentas bertajuk  “Asah Asih Asuh Masuh Rerusuh” merupakan pentas kolaborasi antara mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta dengan putra-putri pelaku pariwisata Borobudur. 

Tema “Asah Asih Asuh Masuh Rerusuh” diambil untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa pandemi tidak menjadi penghalang bagi seniman dan sivitas akademika perguruan tinggi seni untuk berproses dan berpreasi. 

Pentas kolosal “Asah Asih Asuh Masuh Rerusuh” diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Doa, sambutan Direktur Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko (Persero), Sambutan Rektor ISI Yogyakarta yang dalam kesempatan ini oleh Pembantu Rektor III ISI Yogyakarta, Pembukaan pentas kolosal, Pentas “Asah Asih Asuh Masuh Rerusuh” dan diakhiri dengan sesi foto bersama. 

Dalam  sambutannya, Edi Setijono selaku Direktur Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko (Persero)  menyampaikan bahwa pagelaran bertanjuk “Asah Asih Asuh Masuh Rerusuh”  ini merupakan produk akhir dari Program Asah Talenta Anak dalam Program Pendampingan Anak Pelaku Wisata di objek wisata Candi Borobudur.

Program Asah Talenta atau yang lebih dikenal dengan Asta merupakan program CSR (Corporate Social Responsibility) dari PT Taman Wisata Candi. Menurut Edi Setijono dengan menggandeng ISI Yogyakarta, PT Tawan Wisata Candi mencoba memberikan ruang bagi anak-anak pelaku wisata di sekitar Candi Borobudur untuk menemukan bakat dan talentanya melalui aktivitas seni seperti tari dan teater. 

Lebih lanjut Edi Setijono menyampaikan ucapakan terima kasih kepada Rektor ISI Yogyakarta dan sivitas akademika ISI Yogyakarta yang telah bersedia berkolaborasi untuk melaksanakan program ini.

Program ini merupakan bentuk kolaborasi industri pariwisata dengan perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas industri pariwisata

Acara selanjutnya diteruskan dengan Sambutan Rektor ISI Yogyakarta yang dalam kesempatan kali ini diwakili Pembantu Rektor III, Muhamad  Sholahuddin, S.Sn., M.T..

Pertunjukan Kolasal bertajuk “Asah Asih Asuh Masuh Rerusuh” merupakan hasil dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilakukan oleh mahasiswa ISI Yogyakarta di lingkungan PT Taman Wisata Candi sekaligus. Program MBKM memungkin mahasiswa melakukan proyek independen dan hasilnya ada pendampingan di bidang seni kepada anak-anak pelaku wisata di kawasan jadi Boroburu serta Pertunjukan Kolasal bertajuk “Asah Asih Asuh Masuh Rerusuh”. 

Pertunjukan kolosal menjadi awal untuk menciptakan produ-produk seni lainnya.

Pembukaan acara ditandai dengan pemukulan kenong oleh Pembantu Rektor II ISI Yogyakarta,  Drs. AG. Hartono, MS. dan Edi Setijono selaku Direktur Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko (Persero). 

Acara pentas dilanjutkan dengan Pertunjukan Kolasal bertajuk “Asah Asih Asuh Masuh Rerusuh” dan ditutup dengan sesi foto bersama para peserta pentas dengan pimpinan kedua institusi. 

Pentas pagelaran ini diselenggarakan secara daring dan dengan undangan terbatas. Undangan yang menyaksikan pagelaran ini diharuskan pematuhi protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, tidak berkerumun selama pertunjukan berlangsung dan menjaga jarak. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment