News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mewaspadai Cara dan Ciri Radikalisme di Ruang Maya

Mewaspadai Cara dan Ciri Radikalisme di Ruang Maya






MAGELANG : Benih radikalisme di era digital perlu diwaspadai oleh generasi milenial karena bisa tanpa disadari merasuk dan menjadi pandangan yang membahayakan.

Redaktur Betanews.id Ahmad Muhlisin menuturkan ada hal yang cukup mengejutkan soal cara teroris mencuci otak. Ia merujuk kesaksian mantan penasehat Jemaah Islamiyah (JI) Abdul Rahman bahwa ada tiga tahap jaringan teroris dalam mencuci otak target yang akan direkrut.

“Biasanya akan dimulai dengan membangkitkan nostalgia kejayaan Islam di era kekhalifahan, pemerintahan Islam terakhir runtuh pada kekhalifahan Ottoman di Turki tahun 1929, lalu menampilkan tontonan kekejaman Yahudi dan Amerika Serikat termasuk serangan Amerika di Irak dan Afghanistan serta Penjara Guantanamo untuk memunculkan semangat juang target,” kata Muhlisin mengutip kesaksian itu saat menjadi pembicara webinar literasi digital bertema "Antisipasi Radikalisme Digital" yang digelar Kementerian Kominfo untuk masyarakat Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (18/11/2021).

Dalam webinar yang diikuti ratusan peserta itu, Muhlisin mengatakan jaringan teroris dalam mencuci otak juga intens menyampaikan pendalilan dalam Alquran dan Hadis namun sesuai pemahaman mereka untuk menimbulkan keinginan berjihad. 

“Dalam pendalilan disampaikan soal hukum, jika tidak bersikap soal jemaah dan terakhir adalah soal mati syahid,” kata dia. 

Untuk mencegah radikalisme dan terorisme itu merasuk di dunia maya, Muhlisin menilai pentingnya penguatan kompetensi literasi digital. Misalnya dalam hal mengakses informasi, kompetensi ini penting dalam mendapatkan informasi dengan mengoperasikan media digital. Lalu dalam hal menyeleksi, kompetensi ini penting dalam memilih dan memilah berbagai informasi dari berbagai sumber yang diakses dan dinilai dapat bermanfaat untuk pengguna media digital.

“Dari kompetensi memahami, pengguna akan diajak memahami informasi yang sudah diseleksi sebelumnya, lalu menganalisis untuk melihat plus minus informasi yang sudah dipahami sebelumnya dan memverifikasi untuk konfirmasi silang dengan informasi sejenis,” katanya.

Narasumber lain webinar itu, Mohammad Adnan dari Viewture Creative Solution pengguna digital perlu mengetahui ciri-ciri konten radikal agar tidak terjebak. 

“Konten itu biasanya mempunyai prinsip penafsiran ajaran kelompok yang berlawanan dengan tradisi, menggunakan kekerasan yang dianggap benar dalam ajaran kelompoknya, dan menyalahkan serta mencurigai orang atau kelompok lain,” kata Adnan.

Ciri lain konten radikal, biasanya mengandung kata-kata yang memprovokasi dan beritanya palsu yang berisi propaganda radikalisme.
Radikalisme, imbuh Adnan, menjadi paham yang berbahaya karena menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau drastis dan tak mempedulikan aspek-aspek kemanusiaan. 

Bahaya jika konten radikal dibiarkan, kata Adnan, antara lain munculnya sikap intoleran, menghilangkan rasa saling kasih sayang, merusak persatuan dan kesatuan bangsa, menghancurkan nasionalisme bangsa dan munculnya polarisasi antara pihak yang pro dan kontra terhadap paham radikal di masyarakat.

Webinar itu juga menghadirkan narasumber content writer Luqman Hakin, Kabiro Detik.com DIY Jateng Muchus BR, serta dimoderatori Dannys Citra dan Dibyo Primus sebagai key opinion leader. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment