News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Menjaga Keberagaman Di Ruang Digital, Kuatkan Persatuan

Menjaga Keberagaman Di Ruang Digital, Kuatkan Persatuan




BREBES : Dosen Fakultas Ilmu Budaya UNS Solo Muhammad Yunus Anies mengatakan, keragaman budaya terjalin dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika menyatukan kita sebagai Indonesia.

"Sinergi budaya yang difasilitasi konektivitas digital selayaknya dipakai untuk mewujudkan persatuan kesatuan. Sebab keberagaman dan persatuan adalah kekuatan kita sebagai bangsa," kata Anies saat menjadi narasumber webinar literasi digital bertema "Membentuk Generasi Muda yang Berkarakter di Era Digital" yang digelar Kementerian Kominfo untuk masyarakat Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Selasa (30/11/2021).
 
Dalam webinar yang diikuti 300-an peserta itu, Anies mengatakan menjadi pengguna internet yang berkarakter dan berbudaya menjadi faktor penting membangun ruang digital yang sehat.

"Pengguna internet perlu berusaha mempertahankan kearifan lokal, sebab budaya sopan santun, kearifan lokal ada dalam peradaban dan kebudayaan kita," ujar Anies. 

Pengguna internet juga perlu mengedepankan kepentingan publik, budaya bergotong-royong, dan pengguna internet bisa mengemas informasi publik dengan kreatif dan inovatif dalam mempromosikan produk.

"Misalnya menggunakan bahasa daerah dengan dilengkapi takarir atau subtitle, berbudaya dan beradab, yang muda yang kreatif dan inovatif dan memperkuat visi global," kata dia.

Generasi muda perlu memiliki wawasan internasional yang berakar pada budaya lokal. "Prinsipnya think globally, act locally. Jadikan budaya daerah sebagai landasan komunikasi publik agar menjadi identitas dan bukti kecintaan kita pada bangsa dan negara Indonesia," kata Anies.

Anies mengatakan menjadi warga digital yang Pancasilais itu berpikir kritis dan meminimalisir unfollow, unfriend, dan blok untuk menghindari Echo Chamber dan filter Bubble.

"Bergotong-royong dan berkolaborasi untuk kampanye digital jadi hal penting," tandas Yusuf Anies.

Narasumber lain webinar itu, fasilitator Kaizen Room Muhammad Taufik Saputra mengatakan ada beberapa cara aman dalam berinternet yang bisa diterapkan.

Bisa dimulai dengan gunakan password yang sulit dan selalu logout jika akun login di perangkat lain. Lalu rutin menggantinya.

"Aktifkan pengaturan privasi ganda di akun pribadi Find my location, backup data, anti-virus reader, two factor authentication, dan hanya jelajahi situs internet yang terpercaya sembari tetap rajin hapus history penelusuran online," kata Taufik Saputra.

Webinar itu juga menghadirkan narasumber dosen Universitas Sains Al-Quran Syukron Mazid, filmaker Zahid Asmara, serta dimoderatori Fikri Hadil dan Putri Juniawan sebagai key opinion leader. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment