News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Memerangi Radikalisme di Ruang Digital

Memerangi Radikalisme di Ruang Digital





SLEMAN : Bukan rahasia lagi bahwa generasi muda merupakan sasaran empuk radikalisme lantaran kepolosannya.
 
“Generasi muda bisa menjadi sasaran radikalisme tidak lain karena kepolosan mereka. Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan apabila generasi penerus bangsa sudah terpapar radikalisme,” kata SEO Specialist Ragil Triatmojo saat menjadi pembicara webinar literasi digital bertema "Berantas Radikalisme Melalui Literasi Digital" yang digelar Kementerian Kominfo untuk masyarakat Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Kamis (25/11/2021).

Dalam webinar yang diikuti ratusan peserta itu, Ragil mengatakan perlunya sejak kecil ditanamkan wawasan kebangsaan yaitu kesadaran bahwa kita adalah warga negara Indonesia. Wawasan ini harus dimiliki oleh generasi muda demi menjaga keutuhan NKRI yang bisa diangkat melalui literasi digital. 

“Menangkal radikalisme di ruang digital dilakukan dengan memberikan edukasi kepada pengguna agar cakap menggunakan teknologi digital, memilah informasi yang tepat dalam menjaga persatuan dan kesatuan,” kata Ragil Triatmojo. 

Ragil mengatakan sejak bulan April 2015, Kementerian Komunikasi dan Informatika menerbitkan Kemenkominfo Nomor 290 untuk membentuk forum penanggulangan situs internet bermuatan negatif yang terdiri dari 4 panel. 

Yakni pertama panel pornografi - kekerasan pada anak dan keamanan internet, kedua panel terorisme- ujaran kebencian, ketiga panel pengaturan aplikasi ilegal-penipuan-perjudian -obat makanan dan narkoba, dan keempat panel hak kekayaan intelektual.

“Dalam aturan itu penyelenggaraan jasa akses internet wajib melakukan pemblokiran terhadap situs-situs yang melanggar ketentuan yang diatur itu,” ungkap Ragil. 

Ragil menambahkan menangkal radikalisme di ruang digital juga dengn tindakan pencegahan dengan menghapus akses terhadap konten negatif. 
“Tugas kita bersama adalah turut berpartisipasi menangkal radikalisme itu, dengan belajar pengendalian diri, menjaga etika, membangun toleransi, menjadikan Pancasila sebagai pedoman, stop ujaran kebencian,” urai Ragil.

Langkah penanganan ujaran kebencian bisa dilakukan dengan cara memverifikasi informasi yang didapat dengan baik melalui media yang kredibel hingga cek situs pencari fakta. 

Narasumber lain webinar itu, CEO Jogjania.com Jota Eko Hapsoro mengatakan pengamanan data pribadi menjadi hal yang tak bisa ditawar-tawar lagi saat ini.

“Pengamanan data pribadi ini untuk mencegah kejahatan kejahatan digital yang bisa menimpa kita,” kata Jota.

Jota mengatakan menjaga keamanan data pribadi antara lain bisa mencegah terjadinya pengajuan syarat administrasi palsu, membuat akun palsu dari seseorang, profiling untuk tujuan tertentu, jual beli data secara ilegal, dan menghindari aksi perundungan dan pelecehan seksual di ruang digital. 

Jota berpesan agar pengguna digital tidak mudah menyebar informasi yang belum tentu kebenarannya. 

Webinar itu juga menghadirkan narasumber Kabiro Jateng-DIY detikcom Muchus Budi R, konsultan pendidikan Ulfa Hanisa, serta dimoderatori Neshia Sylvia dan Rizky Harisnanda sebagai key opinion leader. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment