News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pastikan Siap Mental Saat Masuk Ranah Digital

Pastikan Siap Mental Saat Masuk Ranah Digital





Purbalingga – Pandemi Covid-19 merubah gaya hidup dan kondisi perilaku keseharian termasuk kegiatan belajar dan mengajar dilaksanakan secara daring. Kondisi ini perlu didukung ketersediaan sumber belajar dan sarana pendukung berupa jaringan. Selain materi digital, untuk memasuki ranah digital juga perlu dipastikan kesiapan mental.

“Guru, orang tua, dan kepala sekolah perlu memastikan siswa tetap belajar dalam kondisi nyaman,” ungkap Zusdi F Adianto, Direktur Masbos Kreatif & Penerbit Ghalibook, saat menjadi narasumber webinar literasi digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk masyarakat Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (6/10/2021).

Sebagai gambaran, jumlah pengguna internet Indonesia terus meningkat. Berdasarkan hasil laporan terbaru Hootsuite dan We Are Social, pengguna internet Indonesia mencapai 202,6 juta hingga Januari 2021. Bila dibandingkan jumlah pengguna internet pada tahun 2020, ada kenaikan 15,5 persen atau lebih dari 27 juta orang dalam 12 bulan terakhir.

Diakui, internet memang memiliki banyak manfaat. Di antaranya memudahkan mencari informasi, mengerjakan tugas, bekerja, berbelanja, berkomunikasi, menonton film, membaca kitab suci, belajar maupun bermain (games).

Namun demikian risikonya juga besar, ketika internet dan gadget tidak digunakan secara bijak, rawan terpapar hoaks maupun pelanggaran privasi, konten negatif, spyware, spam dan sebagainya.

Karena itu, lanjut dia, sebelum mengakses internet dan gadget harus mengenali risiko yang mungkin terjadi? “Apakah kita dapat terkena risiko tersebut, bagaimana cara menghindarinya dan bagaimana cara mengatasi bila sudah terkena,” ucapnya.

Narasumber lainnya, Joko Santoso selaku Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Purbalingga, antara lain menyampaikan penggunaan internet pada anak khususnya pelajar perlu mendapatkan perhatian serius.

Ini karena keamanan anak Indonesia di dunia maya masih rendah. Indonesia menempati peringkat ke-26 dari 30 negara dengan skor 17,5. Sementara skor global rata-rata adalah 42.

Dipandu moderator Bobby Aulia, webinar juga menghadirkan narasumber Agus Supriyo (Co Founder jelajah.live), Dwi Yulianto Mulyaningsih (Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Provinsi Jawa Tengah), Ganjar Pranowo (Gubernur Provinsi Jawa Tengah) sebagai Keynote Speech dan Reni Risty (Presenter Cahaya Pagi Trans 7) sebagai Key Opinion Leader. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment