News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Milenial Dikenal Tidak Loyal namun Kerjanya Efektif

Milenial Dikenal Tidak Loyal namun Kerjanya Efektif





Kebumen – Milenial adalah generasi yang connected, creative dan confidence. Mereka lebih percaya informasi interaktif daripada informasi searah. Meski dikenal tidak loyal, namun kerjanya efektif dan cepat.

Ciri-ciri generasi abad digital itu disampaikan Freesca Syafitri, Tenaga Ahli DPR RI yang juga dosen UPN Veteran Jakarta, saat menjadi narasumber webinar literasi digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk masyarakat Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Rabu (28/7/2021).

“Milenial lebih menyukai transaksi nontunai, suka travelling dan lebih memilih ponsel daripada televisi, lebih tahu teknologi dibanding orang tua mereka,” ujarnya.

Satu lagi dan mungkin ini sifatnya wajib, mereka punya media sosial walaupun dikenal kurang suka membaca secara konvensional.
Menurut dia, secara harfiah memang tidak ada demografi khusus dalam menentukan kelompok generasi yang satu ini. Namun, para pakar menggolongkannya berdasarkan tahun awal dan akhir. Penggolongan generasi Y terbentuk bagi mereka yang lahir pada 1980-1990 atau pada awal 2000, dan seterusnya.

Mengingat mereka menyatu dengan media sosial, Syafitri mengingatkan agar mengedepankan etika sebab media sosial adalah hubungan nyata dan percakapan nyata. Social Media adalah kolektivitas, komunitas dan kebersamaan.

“Jangan bermain medsos saat jam sekolah, saat membawa kendaraan , dan saat kumpul keluarga. Menulislah dengan jujur sesuai fakta. Tulis kalimat yang  jelas dan lengkap  sesuai fakta dan fakta tidak boleh dipelintir. Jika harus menulis sebuah fakta atau informasi, tuliskan secara jelas dan terpisah,” terangnya.

Narasumber lainnya, Lintang Ratri Rahmiaji selaku Dosen FISIP Universitas Diponegoro – Japelidi, menyampaikan penting kiranya bagi generasi milenial menangkap peluang-peluang pada era digital saat ini.
Misalnya, terjun ke pemasaran digital atau go-digital sebab pemasaran digital mengurangi biaya dan menghemat waktu. Selain jangkauannya lebih luas, juga lebih efisien ketika ingin membangun interaksi dengan konsumen.

Dipandu moderator Fenand Tampubolon, webinar bertema ”Millenial Sebagai Trendsetter Transformasi Digital” kali ini juga menghadirkan narasumber Muh Ilham Fatah (Fasilitator Nasional), Mustholih (Dosen UNMU Kebumen) dan Shafinaz Nachiar (News Anchor  RCTI) sebagai key opinion leader. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment