News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mengakses Informasi Kini Semakin Mudah

Mengakses Informasi Kini Semakin Mudah





Pemalang – Segala aspek kehidupan saat ini tidak terlepas dari penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technologies). Terjadi pergeseran pola pola fikir, pola sikap dan pola tindak masyarakat dalam akses dan distribusikan informasi.

“Masyarakat Indonesia semakin mudah mengakses informasi melalui berbagai platform teknologi digital yang menawarkan inovasi fitur dari medium komunikasi yang kian interaktif,” ungkap Muhammad Ihsan Fajari, saat menjadi narasumber webinar literasi digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk masyarakat Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (30/7/2021).

Mengutip data dari salah media online, Ihsan yang sehari-hari sebagai entrepreneur yang juga pendidik ini menyatakan, pengguna internet di Indonesia awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Terjadi peningkatan 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibanding Januari 2020.

Sedangkan total jumlah penduduk Indonesia saat ini 274,9 juta jiwa. Dengan kata lain, penetrasi internet di Indonesia awal 2021 mencapai 73,7 persen.

Era digital, lanjut dia, iuga membawa perubahan aspek komunikasi masyarakat, salah satunya komunikasi antarbudaya.
Melalui digitalisasi kebudayaan, terbentuk pemanfaatan kebudayaan berbasis teknologi informasi. Semua itu berguna bagi upaya-upaya pelestarian, pemeliharaan dan pengembangan nilai-nilai budaya.

Narasumber lainnya, Dinda Citra Azalia (Social Media Analyst) mengungkapkan kurun waktu Januari hingga 23 Desember 2020, Kementerian Kominfo telah menangani penyebaran konten negatif di situs, sejumlah 122.904.

Tercatat ada 170.001 konten negatif di platform media sosial, yang telah ditangani. Di antaranya perjudian, pornografi, penipuan, pelanggaran HKI, hoaks, SARA, terorisme.

Dalam kesempatan itu Dinda mengajak warga dunia maya memahami rekam jejak digital, yaitu jejak data yang tertinggal saat menggunakan perangkat digital.

Ada yang disebut jejak pasif, tertinggal tanpa sengaja maupun jejak digital aktif, yaitu data yang dengan sengaja dikirimkan di internet atau platform digital.

Dipandu moderator Vania  Martadinata, webinar bertema Bijak Berkomentar di Ruang Digital kali ini juga menghadirkan narasumber Seno Adi Nugroho (Entrepreneur & Co-Founder Rempah Karsa), Akromi (Penulis dan Pemres Poros Pemalang) dan Ajun Perwira (Entertainer) sebagai Key Opinion Leader. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment