News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Internet Kini Jadi Kebutuhan Pokok

Internet Kini Jadi Kebutuhan Pokok




Magelang – Pada era dunia digital dan modern seperti sekarang ini, internet sudah menjadi hal yang sangat wajar. Internet juga menjadi salah satu kebutuhan pokok yang tidak terlepaskan dari kehidupan sehari-hari.

“Tantangan terbesar dalam menghadapi perkembangan zaman adalah keamanan dalam mengakses informasi yang ada di internet,” ujar Rahmat Afian Pranowo, Fasilitator Nasional, saat menjadi narasumber webinar literasi digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk masyarakat Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (13/7/2021).

Memang, lanjut dia, teknologi baru senantiasa menciptakan tantangan baru. “Teknologi hadir untuk memudahkan kehidupan kita namun tidak dapat dimungkiri bahwa kemajuan-kemajuan teknologi yang ada menciptakan tantangan baru bagi masyarakat digital. Maraknya aktivitas digital yang dilakukan mengharuskan kita untuk peduli pentingnya memproteksi perangkat digital yang kita miliki,” kata dia.

Internet selain membantu memudahkan pekerjaan di dunia kerja, mencari hiburan, transaksi secara daring pun mulai menjadi kebiasaan baru. Kosekuensinya, timbul banyak kejahatan di dunia digital. Teknologi menjadi incaran upaya peretasan.

Di sinilah pentingnya digital safety atau keamanan berdigital yaitu kemampuan individu dalam mengenali, mempolakan, menerapkan, menganalisis dan meningkatkan tingkat keamanan digital dalam kehidupan sehari-hari.

Digital safety juga harus dikuasai oleh kalangan milenial, meskipun mereka cenderung tidak menyukai aturan yang mengikat atau tidak suka diatur-atur karena terbiasa belajar bukan dari instruksi melainkan dengan mencari. “Masyarakat digital lebih senang untuk mencari sendiri konten dan informasi yang diinginkan,” tambahnya.

Ada baiknya kenali beberapa jenis penipuan online di antaranya scam  dan phising. Kejahatan ini kerap menyasar layanan streaming berbayar, perbankan, e-commerce dan UMKM. Penipuan lewat phising berkedok transfer perbankan, pembobolan data pengguna e-commerce atau layanan streaming berbayar dengan iming-iming gratis.

Narasumber lainnya, Yasin Awan Wiratno (Digial Marketing Pesona Magelang), dalam kesempatan itu menjelaskan peluang-peluang baru dari bisnis online yang bisa dijalankan tanpa memerlukan modal yang relatif besar.

Dipandu moderator Oony Wahyudi, webinar juga menghadirkan narasumber Traheka Erdyas Bimantya (Dosen FEB UGM), Rayndra Syahdan Mahmudin (Koordinator PKK Milenial Kabupaten Magelang) dan Qausar Harta Yudana (Actor & Filmmaker) sebagai key opinion leader. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment