News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Internet Bukan Dunia yang Terpisah dari Offline

Internet Bukan Dunia yang Terpisah dari Offline





Semarang– Segala sesuatu yang ditulis di internet akan dibaca oleh orang lain. Begitu pula foto dan video akan disaksikan oleh orang lain. Hal itu semakin menguatkan bahwa internet bukanlah dunia yang sama sekali terpisah dengan dunia offline.

“Di ujung sana ada manusia yang sebagian kita kenal, namun sebagian besar tidak kita kenal sama sekali,” ungkap Sigit Widodo, Ketua Dewan Pembina Internet Development Institute, saat menjadi narasumber webinar literasi digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk masyarakat Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Jumat (30/7/2021).

Dia menjelaskan, pada dunia internet dikenal dua jaringan yaitu jaringan publik dan jaringan pribadi. Dalam jaringan publik berlaku aturan di ruang publik. Dalam jaringan pribadi berlaku aturan di ruang pribadi, namun kehati-hatian lebih tetap diperlukan.

Sedangkan koneksi “one to one” bisa dianggap sebagai jaringan pribadi, namun harus diingat, jaringan pribadi dapat disadap, lawan bicara bisa merekam kegiatan.

Narasumber lainnya, Gervando Jeorista Leleng (Co-Founder Localin), selain menyampaikan materi seputar bijak berinternet juga menjelaskan prinsip-prinsip aman memasuki dunia digital dengan cara melindungi identitas digital.

Pada dasarnya identitas digital adalah identitas seseorang sebagai pengguna platform media digital. Bukan rahasia lagi, di dunia digital banyak terjadi kebocoran data, antara lain  bocornya 530.000 data sandi dan detail akun aplikasi Zoom pada masa pandemi sekitar April 2020.

Belum lagi peristiwa Bocornya 91 juta data pengguna aplikasi lokapasar (e-commerce) Tokopedia bulan Juli 2020. Dia menyarankan untuk  memilih identitas asli atau samaran saat mengelola akun platform digital serta bertanggung jawab atas pilihan tersebut.

“Amankan identitas utama yakni alamat email yang digunakan untuk mendaftar suatu platform digital. Lindungi dan kosolidasikan identitas digital dalam berbagai platform digital,” ucapnya.

Dipandu moderator Rara Tanjung, webinar bertema Bijak Beretika di Internet kali ini juga dihadiri narasumber Suharti (LP3M UNU Yogyakarta), Dahlia (Dosen STAI Al Husain) dan Shafinaz Nachiar (News Anchor RCTI) sebagai Key Opinion Leader.  (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment