News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Internet Ada dalam Genggaman Kita, Bukan Sebaliknya

Internet Ada dalam Genggaman Kita, Bukan Sebaliknya




Demak – Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Husain, Ali Rohmat, menegaskan kendali internet seharusnya berada pada manusia. Namun yang terjadi saat ini seakan-akan manusia dikendalikan oleh internet.

“Internet ada dalam genggaman kita, bukan sebaliknya,” ujarnya saat menjadi narasumber webinar literasi digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk masyarakat Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Jumat (8/10/2021).

Berkat internet, karakter dunia digital tidak mengenal batasan geografis. Selain itu, pertukaran data dan informasi juga berjalan cepat dengan akses tempat terbatas.

Setiap individu hidupnya tidak bisa lepas dari perangkat smartphone. Inilah yang kemudian membentuk warga digital, karakter mereka adalah tidak menyukai aturan yang mengikat, tidak ragu-ragu untuk download dan upload suka mengekspresikan diri. “Dunia digital menyatu dengan keseharian kita. Teknologi prinsipnya untuk membantu kehidupan manusia,” jelasnya.

Sedangkan literasi digital adalah kemampuan memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk dari berbagai sumber yang sangat luas yang diakses melalui teknologi digital.

Dengan literasi digital, lanjut dia, membuat mampu berpikir kritis, kreatif, inovatif, memecahkan masalah serta berkomunikasi lebih lancar. Setidaknya terdapat empat pilar literasi digital yaitu digital skills, Digital Ethic, Digital Safety dan Digital Culture.

Narasumber lainnya Muhammad Arwani selaku Dosen Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, menjelaskan penetrasi internet yang tinggi membuat perubahan perilaku masyarakat dari media konvensional ke digital. “Pandemi Covid-19 memicu percepatan interaksi digital,” ucapnya.

Arwani juga sempat membagikan kiat-kiat cerdas memanfaatkan medsos yaitu tanamkan niat yang sungguh-sungguh dalam bermedsos. Misalnya, memproduksi konten positif di medsos dan yang paling penting adalah mematuhi etika bermedsos.

Dipandu moderator Dimas Satria, webinar bertema ”Bijak Berkomentar di Ruang Digital” kali ini juga menghadirkan narasumber Jota Eko Hapsoro (Founder & CEO Jogjania.com), Imam Wicaksono (Praktisi Pendidikan), Eisti'anah (Bupati Kabupaten Demak) sebagai Keynote Speech, Ganjar Pranowo (Gubernur Provinsi Jawa Tengah) sebagai Keynote Speech dan Suci Patria (Author) sebagai Key Opinion Leader. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment