News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hasil Survei, Mayoritas Pelajar Tidak Suka Belajar Online

Hasil Survei, Mayoritas Pelajar Tidak Suka Belajar Online




Sukoharjo – Sejak awal tahun 2020 pandemi Covid19 telah melanda seluruh dunia termasuk Indonesia. Banyak bidang kegiatan yang terpaksa harus dibatasi, atau bahkan dihentikan secara keseluruhan.

“Di bidang pendidikan, sampai saat ini (sebagian) siswa masih belajar secara daring atau online dari rumah mereka. Pembelajaran online di masa pandemi ini bukan tanpa masalah,” ujar Ihsan Muhadi, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sukoharjo, saat menjadi narasumber webinar literasi digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk masyarakat Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (28/7/2021).

Saat ditanya, mayoritas pelajar memberikan jawaban yang intinya mereka tidak suka belajar online. Disebutkan, berdasarkan survei yang dilakukan SMRC (Saiful Mujani Research Center), sebanyak 92 persen peserta didik mengalami permasalahan dalam pembelajaran online, 8 persen menjawab ada sedikit permasalahan dan nol persen menjawab tidak ada masalah.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia), banyak sekali masalah yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran online. “Salah satunya yaitu rendahnya interaksi antara pendidik dan peserta didik,” sebutnya.

Platform yang paling banyak dipakai dalam media pembelajaran online yaitu media chat sehingga interaksi yang terjadi hanya sebatas tulisan, tidak secara visual maupun verbal. Selain itu, peserta didik juga banyak yang merasa tidak senang dengan pembelajaran online dikarenakan hanya sebatas diberikan tugas.

Sudah semestinya pendidikan tidak hanya sekadar transfer of knowledge (transfer pengetahuan) dari pendidik ke peserta didik, tetapi juga transfer of value (transfer nilai, adab, moral).
Narasumber lainnya, Waryani Fajar Riyanto (Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) menyampaikan model pembelajaran abad ke-21 diarahkan untuk mendorong peserta didik mencari tahu sumber observasi, bukan diberitahu.

Dipandu moderator Nabila Najib, webinar bertema Adaptasi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 ini juga dihadiri narasumber Ardiansyah (IT Consultant), Abdul Latif (Dosen IAIN Salatiga), dan Shafinaz Nachiar (News  Anchor RCTI) sebagai Key Opinion Leader. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment